%0 Thesis %9 Skripsi %A IMAM MOHTAR NIM. 06470037-05, %B /S1 - Skripsi/Fakultas Tarbiyah/ %D 2009 %F digilib:3232 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Guru, Bimbingan Konseling, Perilaku Islami, Siswa %T PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING ISLAMI DALAM PEMBINAAN PERILAKU ISLAMI BAGI PESERTA DIDIK MAN LABORATORIUM UIN SUNAN KALI JAGA YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3232/ %X ABSTRACT Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran guru bimbingan konseling islami dalam pembinaan perilaku islami di MAN Laboratorium UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, serta mengetahui pola pembinaan perilaku islami di MAN Laboratorium UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang dilaksanakan oleh guru bimbingan konseling. Sampel penelitian adalah para guru bimbingan konseling, diantaranya: Koordinator Bimbingan Konseling, Staf Bimbingan Konseling dan Guru Bimbingan Konseling Serta siswa MAN Laboratorium UIN Sunan Kalijaga sebanyak 80 siswa, Dengan penelitian ini untuk mendapatkan data, adapun yang digunakan yaitu teknik populasi dimaksudkan adalah jumlah keseluruhan dari inti analisa yang ciri-cirinya dapat diduga. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan analisa data menggunakan Diskriptif dengan metode berfikir Induktif dan Deduktif. Hasil penelitian menunjukkan: a. Terdapatnya perubahan pada diri siswa (peserta didik) setelah mendapatkan bimbingan dan konseling islami dari guru Bimbingan Konseling. b. Adanya kesadaraan dan motivasi siswa untuk selalu berakhlakul karimah. c. kesadaran siswa untuk menghindari hal-hal yang diharamkan oleh agama, misalnya minuman keras, berkelahi. Dan siswa berperilaku islami, bertindak dan berbuat sesuai dengan tuntunan agama, misalnya sikap jujur, tawadhu,dan amanah. Dengan demikian peran guru bimbingan konseling islami dalam pembinaan perilaku islami bagi peserta didik di MAN Laboratorium UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta termasuk kategori baik. %Z Pembimbing : M. Agus Nuryatno, Ph.D