eprintid: 32323 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/03/23/23 datestamp: 2019-01-09 03:42:48 lastmod: 2019-01-09 03:42:48 status_changed: 2019-01-09 03:42:48 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MIZKI ANANDA TRI, NIM. 14600047 title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KREATIVITAS SISWA ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: PjBL, Pemahaman Konsep, Kreativitas note: Mulin Nu’man, M. Pd abstract: Tujuan pertama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Kedua, untuk mengetahui apakah model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap kreativitas siswa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu pembelajaran model PjBL serta variabel terikat yaitu kemampuan pemahaman konsep dan kreativitas siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Panjatan tahun ajaran 2017/2018, sedangkan sampel penelitiannya adalah kelas VII A dan VII C. Kelas VII A dijadikan kelas eksperimen dengan treatment berupa pembelajaran dengan model PjBL. Kelas VII C dijadikan kelas kontrol dengan treatment berupa pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pretest-posttest, RPP dan LAS. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistika parametrik inferensial yaitu uji t. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 16.0 dan Microsoft Excel 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PjBL lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kreativitas siswa. date: 2018-05-28 date_type: published pages: 263 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MIZKI ANANDA TRI, NIM. 14600047 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KREATIVITAS SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32323/1/14600047_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32323/2/14600047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf