eprintid: 3236 rev_number: 1 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/32/36 lastmod: 2012-05-04 16:44:07 status_changed: 2012-05-04 16:44:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ITA YULIYANTI NIM. 05470015, title: KONSEP PEMBELAJARAN ISLAM TERPADU DI SD IT (SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU) TARUNA AL-QUR\'AN SARIHARJO NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA ispublished: unpub full_text_status: none keywords: Pembelajaran Islam Terpadu, Sekolah Dasar Islam Terpadu note: Pembimbing : Drs. Mangun Budiyanto,M.Si abstract: b ABSTRACT Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang konsep pembelajaran Islam terpadu dan pelaksanaan pembelajaran Islam terpadu di SDIT Taruna Al-Qur'an Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mana pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi melalui dua modus yaitu menggunakan sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan tiga hal : pertama, Konsep pembelajaran Islam terpadu yang diterapkan di SDIT Taruna Al-Qur'an yaitu berpedoman pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang tujuan pendidikan. Yang mana di SDIT Taruna Al-Qur'an ini memiliki konsep pembelajaran yaitu : memadukan antara ilmu agama dengan ilmu umum. Yang berfokus pada ketiga aspek yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomorik. Kedua, pelaksanaan pembelajaran Islam terpadu yang dilakukan oleh SDIT Taruna Al-Qur'an adalah dengan menciptakan pembelajaran yang Islami, tidak monoton. Dan pada pelaksanaan pembelajarannya guru diharuskan memasukkan nuansa Islami pada setiap pembelajaran. Selain itu peran orang tua juga sangat ditekankan oleh sekolah dalam rangka pengawasan anak pada waktu di rumah. Ketiga, Hasil dari pembelajaran Islam terpadu ini yaitu menjadikan peserta didik memiliki aspek kognitif, afektif dan psikomorik yang diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari. Dan menjadi insan yang utuh yaitu berwawasan luas, berakhlaqul karimah, dan beraqidah yang lurus. Tetapi dalam hal ini dukungan orang tua sangat menentukan dalam keberhasilan anak didik tersebut. date: 2009-10-28 date_type: published department: /S1 - Skripsi/Fakultas Tarbiyah/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; #RELATION_EXTERNAL_ENTITIES# 1 #RELATION_EXTERNAL_ENTITIES# Copyright (c) 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: ITA YULIYANTI NIM. 05470015, (2009) KONSEP PEMBELAJARAN ISLAM TERPADU DI SD IT (SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU) TARUNA AL-QUR\'AN SARIHARJO NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNSPECIFIED.