%0 Thesis %9 Skripsi %A DEWI FAHMI ATS-TSANNY, NIM. 13430004 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2018 %F digilib:32362 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kecerdasan Interpersonal, Bermain Peran %P 214 %T UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK MELALUI BERMAIN PERAN DI TK ABA KARANGANYAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017-2018 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32362/ %X Tujuan dari penelitin ini adalah: (1) untuk mengetahui seberapa besar tingkat kecerdasan interpersonal anak kelompok A2 TK ABA Karanganyar sebelum dilakukan penerapan bermain peran, (2) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran bermain peran di kelompok A2 TK ABA Karanganyar, (3) untuk mengetahui seberapa besar tingkat kecerdasan interpersonal anak kelompok A2 TK ABA Karanganyar setelah dilakukan penerapan bermain peran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan mengambil data yang dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun urutan pelaksanaan penelitian ini mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari menganalisis hasil catatan observasi dan wawancara. Data kuantitatif diperoleh dari menganalisis data observasi berdasarkan penyajian tabel dan persentase. Penentuan kriteria dalam penelitian ini menggunakan rumus yang dikembangkan oleh Djemari Mardapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kecerdasan interpersonal anak kelompok A2 TK ABA Karanganyar sebelum tindakan hanya sebesar 23,08% anak yang memiliki kecerdasan interpersonal dengan kategori tinggi dalam megikuti pembelajaran masih tergolong kurang atau belum optimal. (2) penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak kelompok A2 TK ABA Karanganyar. pelaksanaan kegiatan bermain peran berhasil meningkat dari kriteria tinggi pada siklus I menjadi sangat tinggi pada siklus II. (3) setelah diterapkannya pembelajaran menggunakan metode bermain peran, terjadi peningkatan kecerdasan interpersonal anak pada siklus I sebesar 38,46% dan meningkat pada siklus II menjadi sebesar 84,61% (kategori tinggi dan sangat tinggi). %Z Drs. Ichsan, M.Pd.