relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32368/
title: KONSEP PENDIDIKAN ḤIKMAH, MAU’IẒAH, DAN JIDAL SERTA RELEVANSINYA DENGAN METODE PENDIDIKAN ISLAM   (Kajian Tematik Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab)
creator: ERWIN SISWANTO, NIM. 14410143
subject: Pendidikan Agama Islam
description: Latar belakang masalah penelitian ini adalah tentang pentingnya metode  dalam pendidikan, dimana para pendidik dituntut untuk profesional dalam  mengembangkan pendekatan dan metode. Juga dengan melihat fenomena yang  terjadi, nampaknya di zaman sekarang ini aspek-aspek pendidikan Islam  khususnya metode pendidikan Islam adalah hal yang sangat sulit untuk  dipraktekkan dalam dunia pendidikan yang menciptakan pendidikan yang lebih  Islami, karena pada umumnya para pendidik hanya menggunakan metode itu-itu  saja atau menggunakan metode-metode yang dikembangkan dari dunia Barat.  Oleh karena itulah diadakan penelitian tentang sebuah konsep metode pendidikan  Islam yang bersumber dari al-quran. Dan penelitian ini bertujuan mengungkap  bahwa dalam al-quran terdapat metode-metode yang mampu untuk diterapkan  pada proses pendidikan Islam.  Penelitian ini merupakan penelitian library research (kepustakaan), dengan  mengambil metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode  deskriptif analisis, yaitu menganalisis masalah yang akan dibahas dengan cara  mengumpulkan data-data kepustakaan, pendapat para mufassir. Kemudian  mendeskripsikan pendapat para mufassir, selanjutnya membuat kesimpulan.  Hasil penelitian ini adalah (1) Konsep ḥikmah adalah sebuah cara yang  dilakukan dengan pengupayaan yang mencakup seluruh kecerdasan emosional,  intelektual, dan spiritual, (2) Konsep mau’iẓah adalah sebagai bentuk pendidikan  dengan memberikan nasehat dan peringatan yang baik dan benar, perkataan yang  lemah lembut, penuh dengan keikhlasan, sehingga peserta didik terdorong untuk  melakukan segala aktivitasnya dengan baik, (3) Konsep jidal merupakan sebuah  metode berdebat dan berdiskusi, yakni sebuah upaya untuk meyakinkan akan  pandangan kebenaran dengan bukti-bukti yang mematahkan alasan atau dalih  mitra diskusi dan menjadikannya tidak dapat bertahan, baik yang dipaparkan itu  diterima oleh semua orang maupun hanya oleh mitra bicaranya dan mendengarkan  serta menerima pengaduan atau pendapat. Dengan demikian konsep pendidikan  hikmah, mau’izah, dan jidal memiliki relevansi dengan metode pendidikan agama  Islam. Ketiga metode tersebut merupakan metode yang sampai sekarang masih  dibutuhkan, karena dengan menerapkan metode tersebut menjadikan  pembelajaran yang lebih mengena dan mudah dipahami oleh peserta didik serta  ketiga metode tersebut merupakan cara yang mudah untuk dilakukan.
date: 2018-05-07
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32368/1/14410143_BAB%20I_IV_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32368/2/14410143_BAB%20II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
identifier:   ERWIN SISWANTO, NIM. 14410143  (2018) KONSEP PENDIDIKAN ḤIKMAH, MAU’IẒAH, DAN JIDAL SERTA RELEVANSINYA DENGAN METODE PENDIDIKAN ISLAM (Kajian Tematik Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab).  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.