<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONSEP PENDIDIKAN ḤIKMAH, MAU’IẒAH, DAN JIDAL SERTA RELEVANSINYA DENGAN METODE PENDIDIKAN ISLAM \r\n(Kajian Tematik Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab)"^^ . "Latar belakang masalah penelitian ini adalah tentang pentingnya metode\r\ndalam pendidikan, dimana para pendidik dituntut untuk profesional dalam\r\nmengembangkan pendekatan dan metode. Juga dengan melihat fenomena yang\r\nterjadi, nampaknya di zaman sekarang ini aspek-aspek pendidikan Islam\r\nkhususnya metode pendidikan Islam adalah hal yang sangat sulit untuk\r\ndipraktekkan dalam dunia pendidikan yang menciptakan pendidikan yang lebih\r\nIslami, karena pada umumnya para pendidik hanya menggunakan metode itu-itu\r\nsaja atau menggunakan metode-metode yang dikembangkan dari dunia Barat.\r\nOleh karena itulah diadakan penelitian tentang sebuah konsep metode pendidikan\r\nIslam yang bersumber dari al-quran. Dan penelitian ini bertujuan mengungkap\r\nbahwa dalam al-quran terdapat metode-metode yang mampu untuk diterapkan\r\npada proses pendidikan Islam.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian library research (kepustakaan), dengan\r\nmengambil metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode\r\ndeskriptif analisis, yaitu menganalisis masalah yang akan dibahas dengan cara\r\nmengumpulkan data-data kepustakaan, pendapat para mufassir. Kemudian\r\nmendeskripsikan pendapat para mufassir, selanjutnya membuat kesimpulan.\r\nHasil penelitian ini adalah (1) Konsep ḥikmah adalah sebuah cara yang\r\ndilakukan dengan pengupayaan yang mencakup seluruh kecerdasan emosional,\r\nintelektual, dan spiritual, (2) Konsep mau’iẓah adalah sebagai bentuk pendidikan\r\ndengan memberikan nasehat dan peringatan yang baik dan benar, perkataan yang\r\nlemah lembut, penuh dengan keikhlasan, sehingga peserta didik terdorong untuk\r\nmelakukan segala aktivitasnya dengan baik, (3) Konsep jidal merupakan sebuah\r\nmetode berdebat dan berdiskusi, yakni sebuah upaya untuk meyakinkan akan\r\npandangan kebenaran dengan bukti-bukti yang mematahkan alasan atau dalih\r\nmitra diskusi dan menjadikannya tidak dapat bertahan, baik yang dipaparkan itu\r\nditerima oleh semua orang maupun hanya oleh mitra bicaranya dan mendengarkan\r\nserta menerima pengaduan atau pendapat. Dengan demikian konsep pendidikan\r\nhikmah, mau’izah, dan jidal memiliki relevansi dengan metode pendidikan agama\r\nIslam. Ketiga metode tersebut merupakan metode yang sampai sekarang masih\r\ndibutuhkan, karena dengan menerapkan metode tersebut menjadikan\r\npembelajaran yang lebih mengena dan mudah dipahami oleh peserta didik serta\r\nketiga metode tersebut merupakan cara yang mudah untuk dilakukan."^^ . "2018-05-07" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 14410143"^^ . "ERWIN SISWANTO"^^ . "NIM. 14410143 ERWIN SISWANTO"^^ . . . . . . "KONSEP PENDIDIKAN ḤIKMAH, MAU’IẒAH, DAN JIDAL SERTA RELEVANSINYA DENGAN METODE PENDIDIKAN ISLAM \r\n(Kajian Tematik Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab) (Text)"^^ . . . . . "14410143_BAB I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KONSEP PENDIDIKAN ḤIKMAH, MAU’IẒAH, DAN JIDAL SERTA RELEVANSINYA DENGAN METODE PENDIDIKAN ISLAM \r\n(Kajian Tematik Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab) (Text)"^^ . . . . . "KONSEP PENDIDIKAN ḤIKMAH, MAU’IẒAH, DAN JIDAL SERTA RELEVANSINYA DENGAN METODE PENDIDIKAN ISLAM \r\n(Kajian Tematik Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP PENDIDIKAN ḤIKMAH, MAU’IẒAH, DAN JIDAL SERTA RELEVANSINYA DENGAN METODE PENDIDIKAN ISLAM \r\n(Kajian Tematik Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP PENDIDIKAN ḤIKMAH, MAU’IẒAH, DAN JIDAL SERTA RELEVANSINYA DENGAN METODE PENDIDIKAN ISLAM \r\n(Kajian Tematik Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP PENDIDIKAN ḤIKMAH, MAU’IẒAH, DAN JIDAL SERTA RELEVANSINYA DENGAN METODE PENDIDIKAN ISLAM \r\n(Kajian Tematik Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP PENDIDIKAN ḤIKMAH, MAU’IẒAH, DAN JIDAL SERTA RELEVANSINYA DENGAN METODE PENDIDIKAN ISLAM \r\n(Kajian Tematik Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONSEP PENDIDIKAN ḤIKMAH, MAU’IẒAH, DAN JIDAL SERTA RELEVANSINYA DENGAN METODE PENDIDIKAN ISLAM \r\n(Kajian Tematik Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONSEP PENDIDIKAN ḤIKMAH, MAU’IẒAH, DAN JIDAL SERTA RELEVANSINYA DENGAN METODE PENDIDIKAN ISLAM \r\n(Kajian Tematik Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONSEP PENDIDIKAN ḤIKMAH, MAU’IẒAH, DAN JIDAL SERTA RELEVANSINYA DENGAN METODE PENDIDIKAN ISLAM \r\n(Kajian Tematik Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #32368 \n\nKONSEP PENDIDIKAN ḤIKMAH, MAU’IẒAH, DAN JIDAL SERTA RELEVANSINYA DENGAN METODE PENDIDIKAN ISLAM \n(Kajian Tematik Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .