TY - THES N1 - Drs. H. Rofik, M.Ag ID - digilib32370 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32370/ A1 - Susilah, NIM. 14410154 Y1 - 2018/05/16/ N2 - Latar belakang masalah penelitan ini adalah bermula pada bergantinya kurikulum dari KTSP menjadi Kurikulum 2013, dimana MTs Yaketunis Yogyakarta belum memiliki sumber buku pelajaran SKI untuk kurikulum 2013, karena madrasah swasta di bawah naungan Kementerian Agama yang belum ada kerja sama dengan Dinas Pendidikan dalam hal bantuan buku bentuk braille. Oleh karena itu, penyampaian materi SKI tersebut akan lebih efektif menggunakan media. Salah satu media yang digunakan di MTs Yaketunis Yogyakarta dalam pembelajaran SKI adalah media audio. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran SKI dengan media audio, mengetahui perilaku siswa pada pembelajaran SKI dengan media audio, mengetahui keefektifan pembelajaran SKI dengn media audio di MTs Yaketunis Yogyakarta, serta faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan media audio pada pembelajaran SKI di MTs Yaketunis Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Proses pembelajaran SKI dengan media audio di MTs Yaketunis Yogyakarta mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan/proses, dan penilaian. (2) Perilaku siswa pada pembelajaran SKI melalui media audio di kelas VII, VIII, dan IX MTs Yaketunis Yogyakarta berjalan efektif karena telah memenuhi prinsip-prinsip pembelajaran efektif yakni perhatian, motivasi, keaktifan, keterlibatan langsung, pengulangan, tantangan, penguatan dan perbedaan individual (3) Keefektifan pembelajaran SKI dengan media audio dapat dilihat dari dua segi yaitu dari proses pembelajaran serta hasil pembelajaran yang diperoleh oleh siswa MTs Yaketunis. Berdasarkan proses pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan, siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan cukup aktif, penguasaan materi yang baik, mudah diingat, komunikasi yang efektif, sikap positif terhadap sikap siswa, keluwesan dalam pendekatan dan bimbingan belajar. Berdasarkan hasil penilaian harian yang diperoleh oleh siswa kelas VII, VIII, maupun kelas IX sudah memenuhi standar KKM yakni 75, dan hasilnya di atas KKM. (4) Faktor Pendukungnya adalah adanya hand phone yang telah diprogram talk back dan laptop yang telah diprogram jaws, sedangkan faktor penghambatnya adalah fasilitas yang kurang memadai dan hasil rekaman yang kurang baik. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Perilaku KW - Pembelajaran SKI KW - Media Audio M1 - skripsi TI - PERILAKU SISWA TUNANETRA PADA PEMBELAJARAN SKI MELALUI MEDIA AUDIO DI MTs YAKETUNIS YOGYAKARTA AV - restricted EP - 186 ER -