%A NIM. 14410168 Puji Astuti
%O Drs. H. Rofik, M.Ag
%T PENGARUH PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI MTs NEGERI
1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018
%X Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa perilaku keagamaan
merupakan salah satu hal yang digunakan untuk mengukur karakter seseorang.
Perilaku keagamaan siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya
adalah pembelajaran di kelas. Oleh karena itu dalam penelitian ini, peneliti
meneliti tentang pengaruh pembelajaran SKI terhadap perilaku keagamaan siswa
di MTsN 1 Yogyakarta. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah:
(1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran SKI di MTs Negeri 1 Yogyakarta. (2)
Bagaimana tingkat perilaku keagamaan siswa MTs Negeri 1 Yogyakarta. (3)
Apakah ada pengaruh pembelajaran SKI terhadap perilaku keagamaan siswa di
MTs Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada
tidaknya pengaruh pembelajaran SKI terhadap perilaku keagamaan siswa di
MTsN 1 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sebagai populasi penelitian
adalah siswa kelas VIII MTsN 1 Yogyakarta tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak
220 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak. Ukuran sampel ditentukan
dengan menggunakan taraf kesalahan 5% berdasar ketentuan pada tabel Krejcie,
jumlah sampelnya sebanyak 140 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan
kuisioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis instrumen dilakukan
dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis menggunakan uji
normalitas dan linieritas. Adapun analisis data menggunakan analisis deskriptif,
analisis product moment dan uji regresi sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Pelaksanaan pembelajaran SKI di
MTsN 1 Yogyakarta diteliti dari empat indikator, yaitu tenaga pendidik, materi
pelajaran, metode pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Keempat indikator
tersebut sama-sama penting dalam pelaksanaan pembelajaran sehingga
pembelajaran SKI di MTsN 1 Yogyakarta berjalan dengan baik. (2) Tingkat
perilaku keagamaan siswa di MTsN 1 Yogyakarta diteliti dari empat indikator,
yaitu ibadah, pengalaman, pengetahuan dan pengamalan. Secara umum, perilaku
keagamaan siswa MTs Negeri 1 Yogyakarta akan mengalami perubahan pada
keempat indikator tersebut. (3) Pengaruh pembelajaran SKI terhadap perilaku
keagamaan siswa berkorelasi positif namun tidak signifikan ( r xy=0,327 ). Hasil
tersebut menunjukkan bahwa setiap pelaksanaan pembelajaran SKI akan diikuti
dengan perubahan perilaku keagamaan siswa di MTsN 1 Yogyakarta. Secara
sederhana, pembelajaran SKI merupakan salah satu faktor yang memengaruhi
perilaku keagamaan siswa, meskipun bukan satu-satunya prediktor yang
memengaruhi perilaku keagamaan siswa di MTsN 1 Yogyakarta.
%K pembelajaran SKI, perilaku keagamaan siswa, MTsN 1
Yogyakarta
%D 2018
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%L digilib32372