@phdthesis{digilib32392, month = {May}, title = {Al i'lanat al tijariyyah fi majalah Tijarah al Riyad (dirasah tahliliyyah fi af'al al kalam 'inda Austin)}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {NIM. 14110059 Bahy Chemy Ayatuddin Assri}, year = {2018}, note = {Drs. H. Jarot Wahyudi, SH., MA}, keywords = {Bahasa iklan komersial, Majalah Tijarah ar-Riyadh, tindak tutur Austin, teori iklan yang baik Rhenald Kasali.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32392/}, abstract = {Skripsi ini berjudul ?al-I?laanaat at-Tijariyyah fi Majallah Tijarah ar-Riyadh (Dirasah Tahliliyyah fi Af?alil Kalam i?nda Austin). Peneliti mengambil tema ?Bahasa Iklan Komersial dengan Analisis Pragmatik dan Analisis Iklan? yang bertujuan untuk menemukan makna pragmatik dan penggunaan bahasa dalam iklan komersial. Berdasarkan dengan apa yang terjadi pada hari ini, iklan memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan, dimana hampir segala aspek kehidupan dipengaruhi oleh iklan. Misalnya dari aspek sarana dan prasarana, elektronik dan lain sebagainya. Dalam pembuatan iklan, banyak unsur-unsur yang harus diperhatikan. Unsur yang terpenting adalah penggunaan bahasa yang sesuai dan sasaran yang tepat. Bahasa iklan harus disusun dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas serta seringkali memerlukan pemahaman yang mendalam untuk mendapatkan maksud iklan tersebut. Peneliti menjadikan majalah Tijarah ar-Riyadh edisi tahun 2015 sebagai objek kajian. Di majalah tersebut terdapat macam-macam iklan komersial berupa barang atau jasa. Misalnya iklan komersial dari aspek komunikasi, teknologi, gaya hidup, dan ekonomi. Iklan-iklan komersial di majalah ini menggunakan bahasa Arab resmi dan memerlukan pemahaman yang mendalam untuk mendapat maksud dan tujuan iklan itu. Di samping bahasa Arab bukan bahasa kita sehari-hari, bahasa Arab juga terkenal dengan uslub dan mujamalah nya. Sehingga peneliti untuk mengkaji penggunaan bahasa iklan komersial yang ada di majalah Tijarah ar-Riyadh. Dalam menganalisis bahasa iklan komersial, peneliti menggunakan teori tindak tutur Austin dan teori iklan yang baik Rhenald Kasali untuk mengkategorikan iklan. Teori tindak tutur Austin (lokusi, ilokusi, dan perlokusi) diharapkan mampu menjelaskan ?bagaimana penggunaan bahasa dalam iklan komersial yang terdapat di majalah Tijarah ar-Riyadh. Dan teori iklan yang baik Rhenald Kasali (Attention, Interest, Desire, Conviction, Action) diharapkan mampu mengkategorikan iklan komersial yang baik dan benar. Hasil dari peneltian ini antara lain: (1) menggungkap maksud dan tujuan penggunaan bahasa iklan komersial dalam majalah Tijarah ar-Riyadh. Dari bahasa iklan komersial mengandung maksud dan tujuan antara lain: perintah, bujukan, informasi. (2) mendeskripsikan dan mengkategorikan iklan yang baik dan benar dengan menggunakan teori iklan Rhenald Kasali. Menggolongkan iklan komerisal yang baik menurut teori iklan Rhenald Kasali. Kata Kunci: Bahasa iklan komersial, Majalah Tijarah ar-Riyadh, tindak tutur Austin, teori iklan yang baik Rhenald Kasali.} }