@book{digilib32446, volume = {-}, number = {-}, month = {May}, author = {Siti FATONAH}, series = {Buku}, address = {Yogyakarta}, title = {PENGEMBANGAN ASESMEN OTENTIK KURIKULUM 2013}, publisher = {Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga}, year = {2017}, keywords = {Asesmen, otentik, kurikulum 2013}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32446/}, abstract = {Berkaitan dengan diberlakukannya Kurikulum 2013, adalah mengubah paradigma Pembelajaran MI/SD dari pengajaran yang berpusat kepada guru ke pembelajaran yang berpusat pada siswa, dengan siswa mengkontruk sendiri pengetahuannya. Paradigma ini menuntut mahasiswa calon guru dan guru agar lebih kreatif dalam mengembangkan pembelajaran dan asesmen otentik, sehingga memungkinkan siswa berekspresi melalui kegiatan-kegiatan nyata yang menyenangkan dan mampu mengembangkan potensi siswa secara optimal. Dalam konteks yang demikian buku ini diharapkan dapat melengkapi wacana mahasiswa calon guru dan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran yang benar-benar berpusat pada siswa, serta melaksanakan asesmen otentik dalam pembelajaran yang dilaksanakannya. Mengingat Standar kompetensi lulusan dalam kurikulum 2013, guru harus mengembangkan kompetensi inti dan kompetensi dasar menjadi indicator yang oprasional dan kreatif sehingga pengalaman belajar siswa menjadi bermakna. Penyusunan buku yang diberi judul Pengembangan Asesmen Otentik Kurikulum 2013 ini diharapkan dapat membekali calon guru dan guru dalam memahami kurikulum 2013, dan dapat menerapkannya secara langsung dalam pembelajaran. Dengan menerapkan pembelajaran yang menekankan pengalaman yang bermakna dalam diri siswa, maka iklim pembelajaran diharapkan akan lebih bervariasi dan menyenangkan, dan juga menjadi motivasi bagi calon guru dan guru untuk senantiasa mengembangkan proses pembelajaran yang menarik dengan selalu memberikan kesempatan pada siswa untuk aktif baik dalam aspek sikap, ketrampilan maupun pengetahuan} }