relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32475/
title: IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA MENULIS  MENGHITUNG (CALISTUNG) MELALUI BERMAIN DI KELAS B  RA MUSLIMAT NU CONGKRANG 2 MUNTILAN, MAGELANG
creator: AHMAD MISBAH MUZAKKY, NIM. 13430046
subject: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
description: Pembelajaran Calistung anak usia dini menimbulkan banyak pro kontra di  masyarakat karena dianggap menekan anak dalam pemaksaan belajar sehingga  berdampak buruk pada mental anak.. Beberapa media sosial maupun media media  massa juga banyak yang menyebarkan isu-isu terkait dengan tidak  diperolehkannya pembelajaran calistung diterapkan pada anak usia dini karena  dapat berdampak buruk pada mental anak.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan tema  mengenai pembelajaran calistung melalui bermain yang dilaksanakan di RA  Muslimat NU 2 Congkrang yang berada di Muntilan Magelang.. Penelitian ini  menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi sebagai bentuk  pengambilan data. Analisis data dalam penelitian ini, kesimpulan dan pengecekan  keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik.  Hasil penelitian di lapangan tentang pembeajaran calistung anak usia dini  melalui bermain menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran membaca (bermain  seorang diri terdapat bebrapa kegiatan bermain yaitu bermain balok huruf,  bermain puzzle dan bermain plastisin, bermain pararel yaitu meliputi bermain  kumpul kata dan bermain pasang huruf, dan bermain kooperatif yaitu bermain  susun kata), pembelajaran menulis (Adapun bermain pararel yaitu kegiatan  bermain balok huruf, sedangkan bermain kooperatif meliputi bermain transaksi  bank) dan pembelajaran berhitung (bermain pararel yaitu bermain manik-manik  warna, bermain asosiatif yaitu bermain pasaran dan bermain kooperatif yaitu  bermain susun balok angka dan bermain pasar rakyat) (2) dampak positif  pembelajaran membaca (kemampuan anak yang dapat memahami kalimat  sederhana, perintah atau himbauan.), pembelajaran menulis (minimal anak  mampu menulis namanya sendiri dengan ejaan yang benar ) dan pembelajaran  berhitung (anak paham dengan nama, urutan dan konsep angka satu sampai dua  puluh). Adapun dampak negative dari pembelajaran calstung pada anak usia dini  tidak ada menurut hasil penelitian di lapangan.
date: 2018-03-05
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32475/1/13430046_BAB-I_V.pdf
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32475/2/13430046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
identifier:   AHMAD MISBAH MUZAKKY, NIM. 13430046  (2018) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA MENULIS MENGHITUNG (CALISTUNG) MELALUI BERMAIN DI KELAS B RA MUSLIMAT NU CONGKRANG 2 MUNTILAN, MAGELANG.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.