eprintid: 3249 rev_number: 1 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/32/49 lastmod: 2012-05-04 16:44:09 status_changed: 2012-05-04 16:44:09 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nafiatul Lailiyah NIM. 05470048, title: MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta) ispublished: pub full_text_status: none keywords: Manajemen, Mutu, Pendidikan, Islam note: Pembimbing : Drs. H. Suismanto, M.Ag abstract: ABSTRACT Latar belakang masalah ini adalah Madrasah Aliyah Nurul Ummah yang biasanya disebut MANU yang berdiri pada tahun 2001, sudah bisa menunjukan kualitas yang unggul, baik itu kualitas dalam bidang akdemik maupun nonakademik, ini terbukti dengan berhasilnya MANU meluluskan 100% selama lima kali kelulusan selain itu juga banyak sekali prestasi non-akademik yang diraihnya. Padahal tidak semua guru yang ada di MANU berasal dari lulusan bidang pendidikan, selain itu sarana-prasarana, dan media pembelajaran yang ada belum maksimal dan siswa MANU yang selain disibukan dengan kegiatan sekolah juga disibukan dengan kegiatan di pesantren karena semua siswa MANU wajib bertempat tinggal di PP.Nurul Ummah kecuali siswa daerah Prenggan Kotagede. Oleh karena itu penulis tergugah untuk mengetahui usaha apa saja yang dilakukan Manu seta konsep manjemen apa yang digunakan untuk meningkatkan mutu pendidikan Islam. Penelitian bersifat kualitatif dengan mengambil latar MA.Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode trianggulasi dengan teknik trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Hasil penelitian menunjukan: (1) Madrasah Aliyah Nurul Ummah melaksanakan berbagai macam usaha yang dimulai dengan penyusunan program kemudian pengembangan SDM baik itu sumber daya guru, siswa dan karyawan. Selain itu juga usaha dalam pengembangan kurikulum, sarana-prasarana, menjalin hubungan dengan masyarakat serta peningkatan kedisiplinan. (2) MANU dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam menggunakan konsep manajemen berbasis sekolah, karena berdasarkan indikator yang ada pada konsep manajemen berbasis sekolah, selain itu karena manajemen berbasis sekolah dalam pengelolaan pendidikannya lebih menekankan kepada kemandirian dan kreatifitas sekolah. date: 2009-11-17 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Tarbiyah/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2009-11-17 13:18:25 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--nafiatulla-3028-1-nafiatul-m.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/61/digilib-uinsuka--nafiatulla-3028-1-nafiatul-m.pdf ; url download server lama : /download.php?id=3446 ; nama file lama : NAFIATUL LAILIYAH 05470048 MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 989187 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2009-11-17 13:18:25 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--nafiatulla-3028-1-nafiatul-m.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/61/digilib-uinsuka--nafiatulla-3028-1-nafiatul-m.pdf ; url download server lama : /download.php?id=3446 ; nama file lama : NAFIATUL LAILIYAH 05470048 MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 989187 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: Nafiatul Lailiyah NIM. 05470048, (2009) MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.