@phdthesis{digilib32502, month = {May}, title = {IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP MONTESSORI DALAM PEMBELAJARAN DI KELOMPOK BERMAIN SAFA ISLAMIC PRESCHOOL SOROSUTAN UMBULHARJO YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 14430039 DURROTUN MUMTAZAH}, year = {2018}, note = {Lailatu Rohmah S. Pd.I., M. S.I.,}, keywords = {Impelementasi Prinsip Montessori, Pembelajaran, Kelompok Bermain Safa Islamic Preschool}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32502/}, abstract = {Penelitian ini dilatar belakangi dari ketertarikan peneliti terhadap populernya penerapan prinsip Montessori saat pembelajaran. Beberapa sekolah menggunakan nama Montessori tersebut sebagai daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana implementasi prinsip-prinsip Montessori dalam pembelajaran, 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi prinsip-prinsip Montessori dalam pembelajaran, 3) Dampak proses pembelajaran menggunakan prinsip-prinsip Montessori terhadap perkembangan anak di Kelompok Bermain (KB) Safa Islamic Preschool Yogyakarta. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif yang bersifat diskriptif. Subjek penelitian adalah pemilik KB, kepala KB, guru KB dan anak-anak KB Safa Islamic Preschool Yogyakarta. Obyek penelitian ini adalah pembelajaran prinsip Montessori di KB Safa Islamic Preschool Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik penilaian keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Implementasi prinsip-prinsip Montessori dalam pembelajaran melalui lima area model pembelajaran Montessori yaitu area sensorial, area matematika, area ilmu pengetahuan dan kebudayaan, area bahasa dan area keterampilan hidup yang berjalan dengan sistem penggabungan lintas usia disetiap kelompoknya. 2) Faktor pendukung dan penghambat, faktor yang mendukung di antaranya perencanaan dengan konselor pendidikan Montessori, pendidikan dan pelatihan Montessori, seluruh guru inti adalah sarjana. Faktor yang menghambat yaitu keterbatasan media pembelajaran, terjadinya pergantian guru, kurangnya pemahaman wali murid mengenai pembelajaran lintas usia. 3) Dampak prinsip Montessori terhadap perkembangan anak adalah menjadi mandiri, kritris dan perkembangan sosial yang meningkat.} }