relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32513/ title: IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA BERMAIN PERAN UNTUK MENANAMKAN NILAI MORAL ANAK DI KELAS B2 RA TIARA CHANDRA YOGYAKARTA creator: ERMA FEBRIANA, NIM. 14430057 subject: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) description: Kita telah melihat banyak kasus-kasus yang terjadi di Indonesia dengan menempatkan anak sebagai pelaku. Ini merupakan tanda-tanda kehancuran bangsa dan kemunduran moral. Untuk terwujudnya manusia yang bermoral selalu membutuhkan pendidikan. Nilai moral harus dibentuk atau ditanamkan sejak anak usia dini. Pendidikan moral merupakan kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi bagi kehidupan manusia. Karena pendidikan inilah yang akan membentuk anak menjadi pribadi yang berkarakter baik. Namun, moral merupakan konsep yang abstrak sehingga memerlukan metode yang tepat dalam memberikan atau mengajarkan nilai ini pada anak usia dini. Hal tersebut yang melatarbelakangi penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan sumber data primer dan sekunder. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Proses penerapan model pembelajaran sentra bermain peran untuk menanamkan nilai moral di kelas B2 RA Tiara Chandra diawali dengan penyusunan program semester, penyusunan RPPM dan RPPH. Kemudian pelaksanaan bermain peran menggunakan jenis bermain peran makro. Pelaksanaan pembelajaran tidak lepas dari evaluasi yang bertujuan untuk mengetahui keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah diterapkan dengan menggunakan dua komponen utama yaitu penilaian dan program tindak lanjut. (2) Penerapan Model pembelajaran sentra bermain peran telah berhasil dalam menanamkan nilai moral anak dengan melihat tercapainya indikator yang ditetapkan RA Tiara Chandra berdasarkan STPPA dalam kurikulum 2013 mengacu pada Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD. (3) Faktor pendukung terdiri dari latar belakang pendidikan keluarga peserta didik yang baik, metode atau program yang tepat, pendidik yang telah dibekali LVEP dan menerapkannya secara konsisten, dan fasilitas yang disediakan oleh sekolah. Sedangkan faktor penghambat meliputi latar belakang pendidikan keluarga peserta didik yang kurang baik, ruang sentra yang kurang kondusif, dan kompetensi pendidik. date: 2018-05-06 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32513/1/14430057_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32513/2/14430057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: ERMA FEBRIANA, NIM. 14430057 (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA BERMAIN PERAN UNTUK MENANAMKAN NILAI MORAL ANAK DI KELAS B2 RA TIARA CHANDRA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.