@phdthesis{digilib32515, month = {May}, title = {PENERAPAN METODE GERAKAN UNTUK MENGHAFAL {\d H}ADI{\'S} PADA ANAK KELOMPOK B DI RA TIARA CHANDRA KRAPYAK BANTUL YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 14430058 FATIKHATUL MALIKHAH}, year = {2018}, note = {Rohinah, S.Pd.I.,M.A,}, keywords = {Metode Gerakan, Menghafal {\d H}adi{\'s}, RA Tiara Chandra}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32515/}, abstract = {Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan menghafal {\d H}adi{\'s} yang sering dilakukan oleh sekolah maupun guru menggunakan metode ceramah dan menugaskan siswa untuk menghafal {\d H}adi{\'s}. Sehingga anak terlihat pasif dan suasana belajar menjadi tidak kondusif. Saat apersepsi pada pelajaran berikutnya anak sudah banyak yang lupa, hanya beberapa anak yang masih mampu mengingat {\d H}adi{\'s} yang sudah dipelajari. Tujuan penelititian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode gerakan untuk menghafal {\d H}adi{\'s} pada kelompok B di RA Tiara Chandra Yogyakarta. Adapun subjek penelitian ini yaitu kepela sekolah, guru sentra, wali murid, dan anak didik. Penelitian ini merupakan penelitian Lapangan yang bersifat kualitatif, dengan mengambil latar penerapan metode gerakan untuk menghafal {\d H}adi{\'s} di RA Tiara Chandra Yogyakarta dengan fokus pada kegiatan menghafal {\d H}adi{\'s} pada anak kelompok B. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang sudah terkumpul dan tersusun secara sistematis kemudian ditarik kesimpulan dan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penerapan metode gerakan untuk menghafal {\d H}adi{\'s} pada anak kelompok B di RA Tiara Chandra Yogyakarta tidak terlepas dari RPPH, dikarenakan pelaksanaan pembelajaran {\d H}adi{\'s} tercantum dalam RPPH. Adapun perencanaan pembelajaran {\d H}adi{\'s} yang tertera dalam RPPH yaitu nama {\d H}adi{\'s} yang akan diajarkan, langkah menghafal {\d H}adi{\'s} dengan gerakan tangan, dan alokasi waktu yang digunakan. Kedua, pelaksanaan kegiatan menghafal {\d H}adi{\'s} pada awalnya dilakukan dirumah tanpa gerakan dan dilakukan disekolah dengan gerakan simbol tangan dengan kegiatan klasikal, ketiga evaluasi kegiatan menghafal {\d H}adi{\'s} yang berupa tingkat pencapaian dan tindak lanjut yang akan dilaporkan kepada orangtua saat pertemuan dua akhir tema (2) Faktor pendukung dalam penerapan metode gerakan untuk menghafal {\d H}adi{\'s} pada kelompok B RA Tiara Chandra antara lain : handout untuk orangtua, minat anak, rasa percaya diri, susasana kelas yang kondusif, dan buku pedoman metode gerakan untuk menghafal {\d H}adi{\'s}. Sedangkan faktor penghambat dalam kegiatan menghafal {\d H}adi{\'s} dengan metode gerakan yaitu : gaya belajar anak, daya ingat anak, kemampuan guru dan belum adanya pelatihan kepada orangtua mengenai metode gerakan untuk menghafal {\d H}adi{\'s}, gambar tidak full collor, dan {\d H}adi{\'s} tidak dilengkapi dengan asbabul wurud.} }