eprintid: 32517 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 77 dir: disk0/00/03/25/17 datestamp: 2019-01-18 02:09:44 lastmod: 2019-01-18 02:09:44 status_changed: 2019-01-18 02:09:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: JUMROTUL AKROMAH, NIM. 14430065 title: IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK PADA KELOMPOK A DI TK NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: s_piaud divisions: pa_uds1 full_text_status: restricted keywords: Pendekatan Saintifik, Kognitif note: Lailatu Rohmah, M.S.I., abstract: Latar belakang dari penelitian ini adalah masih banyak diusianya anak usia dini masih mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan yang pesat dengan bawaan sifat peserta didik yang masih egosentris dan dalam melakukan tindakan masih dalam tuntutan orang dewasa dan pendidik. Dewasa ini anak pada usai 4-5 tahun dalam merumuskan gagsan berfikir secara logis dan berfikir memecahkan masalah masih dalam taraf ingin tahu lebih mengenai kegiatan pembelajaran. Adanya strategi proses pembelajaran pendekatan saintifik menjadi angin segar dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan anak usia dini. Meskipun dalam proses yang masih banyak ditemukan beberapa teknik pengajaran pendidik yang masih menumpang dalam kurikulum sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetauhi implementasi pendekatan saintifik dalam megembangkan kognitif anak dan bagaimana faktor penghambat dan pendukung adanya penerapan pendekatan saintifik dalam mengembangkan kognitif anak pada kelompok A di TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta.Jenis penelitian ini mengguakan penelitian lapangan (field research) dengan objek penelitan TK Nurul Ummah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentas. Sedangkan validitas data yang diperoleh melalui Triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendektan sanitifk dalam mengembangkan kognitif anak pada kelompok A di TK nurul Ummah sudah berjalan dengan baik, ditunjukkan dengan proses pembelajaran yang sudah sesuai dengan perencanaan pembelajaran, pesera didik yang aktif bertanya, pengaadaaan mediaa yang kreatif dan hasil karya yang terselesaikan dengan baik oleh peserta didik. Faktor pengambat dan pendukung yaitu faktor pendukung; 1) kepala sekolah yang antusias baikanya dalam mengembangkan kualitas dan kuantitas sekolahan , 2) Pendidik yang berkompeten dalam menyampaikan proses pembelajaran pendektan saintifik, 3) Peserta didik yang aktif bertanya, 4) Sarana dan prasarana yang mendukung. Faktor penghambat; 1)Bahan media yang sulit deedapatkan, 2) waktu pembelajaran yang kurang efektif. date: 2018-05-16 date_type: published pages: 158 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: JUMROTUL AKROMAH, NIM. 14430065 (2018) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK PADA KELOMPOK A DI TK NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32517/1/14430065_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32517/2/14430065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf