%0 Thesis %9 Skripsi %A HABIB MUSTHAFA, NIM. 11470151 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2018 %F digilib:32559 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K gaya kepemimpinan, efektivitas kepemimpinan, kepala sekolah, prestasi madrasah. %P 147 %T EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI MADRASAH DI MAN 5 SLEMAN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32559/ %X Penelitian ini berdasarkan fenomena-fenomena yang sudah terjadi bahwa gaya kepemimpinan serta efektivitas seorang pemimpin suatu lembaga pendidikan sangatlah penting dan sangat berpengaruh terhadap kemajuan maupun perkembangan prestasi lembaga pendidikan seperti madrasah. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji lebih lanjut tentang gaya kepemimpinan terhadap perkembangan prestasi suatu lembaga pendidikan; (2) mengetahui prestasi apa saja yang sudah diraih oleh lembaga pendidikan tersebu; (3) menganalisa efektivitas kepemimpinan seorang kepala madrasah terhadap perkembangan prestasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan gaya kepemimpinan serta efektif seorang kepala madrasah di MAN 5 Sleman Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan field research. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tekhnik validitas dan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: 1) gaya kepeminpinan kepala MAN 5 Sleman Yogyakarta adalah menggunakan gaya demokratis dimana seorang kepala madrasah memberikan bimbingan yang efisien kepada bawahannya. Terdapat koordinasi pekerjaan kepada bawahannya. Menghargai potensi setiap individu serta mampu mendengarkan nasehat kritik dan saran dari bawahannya. Mengakui keahlian bawahannya dalam bidangnya masing-masing; 2)prestasi madrasah yang sudah diraih antara lain sekolah adiwiyata nasional dan sekolah sehat; 3) peran kepala madrasah sudah berjalan cukup efektif, meskipun dalam prakteknya belum semuanya berjalan secara lancar sesuai yang diharapkan oleh seluruh anggota madrasah. Merujuk dari indikator yang sudah dijelaskan diatas bahwa kepala MAN 5 Sleman Yogyakarta telah melakukan tugasnya mensosialisasikan visi dan misi madrasah, kepala madrasah melibatkan para pemangku kepentingan dalam pengambilan keputusan dan dalam kegiatan operasiona madrasah, kepala madrasah memberikan dukungan terhadap pembelajaran, kepala madrasah melakukan pemantauan terhadap proses belajar mengajar, kepala madrasah berperan sebagai fasilitator. %Z Dra. Wiji Hidayati, M.Ag,