eprintid: 32563 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/03/25/63 datestamp: 2019-01-21 02:10:29 lastmod: 2019-01-21 02:10:29 status_changed: 2019-01-21 02:10:29 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: M SHOHIB QOMARUDIN J K, NIM. 11470105 title: ASPEK-ASPEK KECERDASAN SPIRITUAL DALAM KONSEP PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH SURAT LUQMAN AYAT 12-19) ispublished: pub subjects: tykpi divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Peningkatan Kualitas Moral Siswa, Aspek-aspek Kecerdasan Spiritual, Hasil Penelitian note: Drs. Jamroh Latief, M. Si abstract: Untuk meningkatkan kualitas moral siswa, pendidikan seharusnya tidak hanya terfokus pada aspek IQ dan EQ saja. Aspek Spiritual Quotient (SQ) pun harus menjadi bahan pertimbangan para praktisi pendidikan dalam upaya mengembangkan potensi dan kemampuan siswa. SQ dapat dijadikan sebagai penyeimbang dari IQ dan EQ, sehingga selain menjadikan siswa menjadi cerdas secara akademis namun juga cerdas dalam berperilaku yang sesuai dengan norma- norma yang berlaku. Maka perlulah dikaji kembali mengenai aspek-aspek kecerdasan spiritual yang seharusnya disampaikan oleh guru kepada siswanya dengan berpedoman kepada kitab suci al-Qur’an yang memuat banyak konsep pendidikan yang ideal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang penafsiran para ahli tafsir terhadap Q.S. Luqman ayat 12 – 19, aspek-aspek kecerdasan spiritual yang terkandung dalam Q.S. Luqman ayat 12 – 19, dan implementasi aspek-aspek kecerdasan spiritual dalam dunia pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik membaca dan studi literature. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, interpretasi data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penafsiran para ahli terhadap Q.S. Luqman ayat 12 – 19 diantaranya mengandung pokok-pokok ajaran tentang perintah Allah serta wasiat Luqman kepada anaknya untuk bersyukur, mendirikan sholat, mengajak manusia untuk bertaqwa, bersabar, berbuat baik kepada orangtua, tidak bersikap sombong dan angkuh, serta bertutur kata yang lembut dan sopan; 2) Aspek-aspek kecerdasan spiritual yang terkandung dalam Q.S. Luqman ayat 12 – 19 diantaranya adalah dorongan untuk menyayangi sesama, mampu menguasai diri dari hawa nafsu, kreatif, peduli terhadap sesama, pandai bersyukur, pembimbing dan penyabar; 3) Implementasi aspek-aspek kecerdasan spiritual dalam dunia pendidikan diantaranya adalah dengan proses internalisasi nilai-nilai kecerdasan spiritual itu sendiri dengan cara: menginformasikan secara verbal kepada siswa, melibatkan siswa dalam kegiatan sosial yang positif dan guru sebagai teladan pada siswanya. date: 2018-05-24 date_type: published pages: 162 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: M SHOHIB QOMARUDIN J K, NIM. 11470105 (2018) ASPEK-ASPEK KECERDASAN SPIRITUAL DALAM KONSEP PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH SURAT LUQMAN AYAT 12-19). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32563/1/11470105_BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32563/2/11470105_BABII_SAMAPAI%20DENGAN%20SEBELUM%20BAB%20TERAKHIR.pdf