relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32612/ title: PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DI WARUNK UPNORMAL YOGYAKARTA creator: MUHAMMAD ARIEF HARDIANTO, NIM. 12240028 subject: Manajemen Dakwah description: Etika bisnis Islami merupakan suatu norma yang bersumber dari Al- Qur’an dan Hadits yang dijadikan pedoman untuk bertindak, bersikap, bertingkah laku serta membedakan antara mana yang baik dan mana yang buruk dalam melakukan aktivitas bisnis. Warunk Upnormal Yogyakarta dijadikan sebagai lokasi penelitian oleh peneliti sebab perusahaan ini merupakan perusahaan dibidang kuliner yang sedang mengalami kemajuan yang pesat dengan menjalankan kegiatan operasional kerja sesuai dengan SOP yang sudah ditentukan oleh perusahaan serta menerapkan konsep etika bisnis yang Islami. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan dan menguraikan data secara sistematik. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer yaitu Pihak Manajemen, Karyawan dan Customer Warunk Upnormal Yogyakarta. Sedangkan data sekunder bersumber dari dokumen Warunk Upnormal Yogyakarta dan bukubuku penunjang. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Fokus dalam penelitian ini adalah penerapan etika bisnis Islam yang diterapkan di Warunk Upnormal Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep etika bisnis Islam yang diterapkan di Warunk Upnormal Yogyakarta. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa secara umum Warunk Upnormal Yogyakarta telah menerapkan konsep etika bisnis Islam yaitu konsep tauhid, keadilan, kehendak bebas, tanggungjawab, dan kebajikan. Namun hal itu belum termaksimalkan dengan baik dikarenakan masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki oleh perusahaan mulai dari komunikasi antara pihak manajemen dengan karyawan ataupun antara sesama karyawan Warunk Upnormal Yogyakarta. Selain itu, pihak manajemen Warunk Upnormal Yogyakarta sudah memperhitungkan resiko yang kemungkinan terjadi dengan menerapkan konsep etika bisnis Islami di perusahaan tersebut. Mereka meyakini bahwa bisnis yang sesuai dengan aturan Islam akan membawa kebaikan serta mendatangkan keberkahan. date: 2018-08-24 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32612/1/12240028_BAB-I%2C%20V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32612/2/12240028_BAB-II%2C%20III%2C%20IV.pdf identifier: MUHAMMAD ARIEF HARDIANTO, NIM. 12240028 (2018) PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DI WARUNK UPNORMAL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.