relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32624/ title: IMPLEMENTASI PROGRAM INDIVIDUALIZED EDUCATION PROGRAM (IEP) DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) SLOW LEARNER DI SD BUDI MULIA DUA PANJEN MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA creator: NOVI ROHMADIATIN, NIM. 14490008 subject: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam description: Latar belakang dari penelitian ini adalah ketertarikan peneliti untuk mengetahui potensi akademik dan non-akademik yang dimiliki oleh anak berkebutuhan khusus (ABK) slow learner untuk dikembangkan. Sudah kita ketahui bahwa siswa slow learner memiliki IQ dibawah rata-rata yaitu antara 70-90 berdasarkan skala WISC (Weschler Intelligence Scale for Children). Pada dasarnya setiap individu itu unik dan memiliki potensi masing-masing yang perlu dikembangkan agar setiap anak mampu mengaktualisasikan dirinya. Peneliti melakukan penelitian di SD Budi Mulia Dua Panjen karena di sekolah tersebut memiliki ekstra untuk pengembangan diri siswa yang cukup beragam dan memiliki fasilitas yang cukup memadai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan dan pelaksanaan program IEP, mengetahui potensi apa saja yang dikembangkan, dan mengetahui hasil pengimplementasian program IEP dalam mengembangkan potensi ABK slow learner di SD Budi Mulia Dua Panjen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitiannya adalah ABK slow learner di kelas 4 Al Bashiir, 4 As Samii’, dan 5 Ar Rasyiid, guru pendamping, wali kelas dan manager inklusi. Teknik pengumpulan datanya meliputi: wawancara mendalam (In-depth Interview), observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam hal ini peneliti membahas mengenai program Individualized Education Program (IEP) dalam mengembangkan potensi ABK slow learner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Yang terlibat dalam merencanakan dan melaksanakan program IEP/PPI di SD BMD Panjen adalah guru pendamping, koordinator, orang tua dan kepala sekolah. Tujuan dari program tersebut agar siswa mampu mengikuti proses pembelajaran di kelas dengan siswa reguler lainnya. Program penunjang untuk siswa slow learner meliputi: field trip, pesta siaga/ kemah, tes psikologi, konsling psikologi, parents meeting dan home visit. (2) Potensi akademik yang dikembangkan untuk siswa slow learner fokus pada mata pelajaran matematika dan bahasa Indonesia. Selain itu juga dikembangkan potensi sosial dan berpikir siswa slow learner. Potensi non-akademik yang dikembangkan siswa slow learner dikelas 4 Al Bashiir, 4 As Samii’ dan 5 Ar Rasyiid meliputi: seni lukis, musik (drum), MC, DTK dan renang. (3) Hasil yang diperoleh diantaranya untuk pihak pelaksana mengetahui data siswa, kemampuan siswa, kekurangan yang dapat dioptimalkan, program yang tepat untuk diterapkan dan potensi yang perlu dikembangkan. Sedangkan untuk siswa slow learner sendiri mereka lebih percaya diri dengan kemampuan yang dimilikinya, lebih mandiri dan emosi, sosial serta interaksinya meningkat. date: 2018-05-28 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32624/1/14490008_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32624/2/14490008_BAB-II_IV.pdf identifier: NOVI ROHMADIATIN, NIM. 14490008 (2018) IMPLEMENTASI PROGRAM INDIVIDUALIZED EDUCATION PROGRAM (IEP) DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) SLOW LEARNER DI SD BUDI MULIA DUA PANJEN MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.