%0 Thesis %9 Skripsi %A Dhesy Marhaeni, NIM. 13220099 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2018 %F digilib:32632 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Konseling Kelompok dan Siswa yang Membolos pada Pelajaran Membatik %P 102 %T KONSELING KELOMPOK DALAM MENANGANI PERILAKU MEMBOLOS PADA PELAJARAN MEMBATIK SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 8 SLEMAN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32632/ %X Penelitian ini latar belakangi oleh fenomena banyaknya siswa yang membolos pada pelajaran membatik. Padahal membatik merupakan mata pelajaran inti yang krusial sebagai materi kompetensi khas dari MTs Negeri 8 Sleman Yogyakarta, yang tentunya berdampak pada prestasi siswa tersebut jika membolos. Maka dalam penelitian ini guru bimbingan dan konseling MTs Negeri 8 Sleman Yogyakarta, menerapkan layanan konseling kelompok bagi siswa yang suka membolos pada pelajaran membatik agar siswa dapat mengungkapkan keluh kesahnya pada konseling kelompok tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan serta mendiskripsikan dari rumusan masalah terkait bagaimana tahap-tahap pelaksanaan konseling kelompok dalam menangani perilaku membolos pada pelajaran membatik siswa kelas VIII di MTs Negeri 8 Sleman Yogyakarta. Subjek Dalam penelitian ini adalah koordinasi bimbingan dan konseling yaitu Ibu Wiwin Subiyarni Rahayu dan Bapak Jamaludin Malik yang merupakan guru bimbingan dan konselinh MTs Negeri 8 Sleman Yogyakarta dan lima orang siswa MTsN 8 Sleman Yogyakarta. Objek dalam penelitian ini sendiri adalah tahap-tahap pelaksanaan konseling kelompok dalam menangani perilaku membolos pada pelajaran membatik siswa kelas VIII. Adapun pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data sendiri menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tahap-tahap pelaksanaan konseling kelompok dalam menangani perilaku membolos pada pelajaran membatik siswa kelas VIII pada tahun ajaran 2017/2018 di MTs Negeri 8 Sleman Yogyakarta adalah tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan dan tahap penutup. %Z Drs. H. Abdullah, M.Si