%0 Thesis %9 Skripsi %A Nurmalita Rokhimatun Azhar, NIM : 14220014 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2018 %F digilib:32635 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Bimbingan dan Konseling, Kemandirian %P 107 %T BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI 1 BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32635/ %X Latar belakang dari penelitian ini adalah bahwa anak tunagrahita sebagai anak yang memiliki keterbatasan intelektual yang tentunya berbeda dengan anak normal lainnya. Tetapi pada dasarnya anak tunagrahita berhak mendapatkan pendidikan yang layak dan mampu mengembangkan kemampuan mereka. Karena kedudukan mereka sama yaitu sebagai makhluk Tuhan yang masih memiliki akal walaupun mempunyai keterbatasan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini yaitu Guru Wali Kelas dan tiga siswa tunagrahita kelas X. Objek penelitian ini yaitu metode bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kemandirian anak tunagrahita di SLB Negeri 1 Bantul. Metode pengumpulan data dilakukan yang dilakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kreativitas anak tunagrahita di SLB Negeri 1 Bantul Yogyakarta adalah dengan metode bimbingan kelompok dan metode bimbingan individual. %Z Nailul Falah, S.Ag, M.Si