eprintid: 32637 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/03/26/37 datestamp: 2019-01-23 03:44:09 lastmod: 2019-01-23 03:44:09 status_changed: 2019-01-23 03:44:09 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: LULU LUBNA ABHARINA, NIM. 14220017 title: METODE KONSELING INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN EFIKASI DIRI SISWA KORBAN BROKEN HOME DI MTs NEGERI 8 SLEMAN ispublished: pub subjects: BA divisions: jur_bpi full_text_status: restricted keywords: Konseling Individu, Efikasi Diri, Siswa Broken Home note: Slamet, S.Ag, M.Si abstract: Siswa yang menjadi korban broken home merupakan sebuah ujian berat yang diberikan oleh Allah SWT kepada makhluknya, tidak semua anak remaja khususnya seorang pelajar mampu menghadapi kehidupan dengan kondisi orangtua terpisah , banyak siswa korban broken home kehilangan figure orangtua sehingga lepas dari kasih sayangnya. Tak jarang sering dijumpai anak korban broken home yang mengalami depresi dan tidak mendapatkan penanganan yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode apa saja yang guru bimbingan dan konseling gunakan untuk menangani siswa korban broken home dan apa saja langkah-langkah yang guru bimbingan dan konseling tempuh untuk menangani siswa koban broken home, dengan bantuan guru bimbingan dan konseling diharapkan siswa mampu bangkit dari masalahnya dan dapat menjalani kehidupan dengan baik kemudian mampu mempunyai keyakinan atas dirinya untuk menyelesaikan tugas-tugas kehidupan dan mempunyai keyakinan bahwa mereka yakin dengan kemampuannya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan metode kuaitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling, siswa korban broken home dan wali kelas. Rumusan masalah yang diteliti adalahbagaimana metode konseling individu yang digunakan guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan efikasi diri terhadap siswa korban broken home diMTs Negeri 8 Sleman. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu data yang sudah diperoleh kemudian disusun dan diklasifikasikan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah di atas.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa cara yang digunakan guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan efikasi diri siswa korban broken home kelas VIII tahun ajaran 2017/2018 di MTs Negeri 8 Sleman adalah dengan menggunkan cara direktif dan eklektif. Adapun langkah-langkah yang ditempuh adalah identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, penyelesaian masalah, dan evaluasi. date: 2018-05-25 date_type: published pages: 99 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: LULU LUBNA ABHARINA, NIM. 14220017 (2018) METODE KONSELING INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN EFIKASI DIRI SISWA KORBAN BROKEN HOME DI MTs NEGERI 8 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32637/1/14220017_BAB%20I-BAB%204-DFTR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32637/2/14220017_BAB%202%2C%20BAB%203.pdf