%0 Thesis %9 Skripsi %A Devi Oktaviani Asyari, NIM 14220020 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2018 %F digilib:32638 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Konseling Individu, Konsep Diri Positif, siswa broken home %P 119 %T KONSELING INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32638/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh para siswa yang berasal dari keluarga broken home yang kurang memiliki konsep diri positif dan masih belum mengerti untuk meningkatkan konsep diri tersebut, dan beberapa siswa menunjukan kecenderungan memiliki konsep diri negatif, menganggap dirinya sebagai pribadi lemah, tidak percaya pada kemampuan dirinya Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subjek guru BK dan siswa kelas XI. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah tahap-tahap Konseling Individu dalam Meningkatkan Konsep Diri Positif Siswa 3 Broken Home pada siswa kelas XI Tahun ajaran 2017/2018 di MAN 4 Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tahap-tahap pemberian bantuan konseling individu dalam meningkatkan konsep diri positif siswa broken home yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap-tahap pemberian bantuan konseling individu dalam meningkatkan konsep diri positif siswa broken home di MAN 4 Bantul Yogyakarta ada 6 langkah, yaitu analisis, sintesis, diagnosis, prognosis, konseling dan follow-up. %Z Drs. Abror Sodik, M.Si