eprintid: 32639 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/03/26/39 datestamp: 2019-01-23 03:58:57 lastmod: 2019-01-23 03:58:57 status_changed: 2019-01-23 03:58:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NURUL FATHIYYAH, NIM. 14490012 title: MARKETING COMMUNICATION MELALUI PROGRAM ESLUHA PARENTING CLUB (EPC) DI SDIT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: mkpi divisions: jur_kis2 full_text_status: restricted keywords: Program Parenting, Prophetic Parenting, Strategi pemasaran (marketing mix), Promotion mix, Lembaga Pendidikan note: Dr. Imam Machali, S.Pd.I, M.Pd, abstract: Latar belakang penelitian ini berawal dari kegelisahan peneliti terhadap rendahnya pelaksanaan program marketing communication di sekolah, terutama sekolah swasta. Sementara itu, tantangan globalisasi yang paling tinggi dan persaingan yang semakin meningkat, menuntut sekolah harus semakin mengembangkan marketing mix dan promotion mix. Pentingnya menjalin komunikasi dengan wali murid juga sangat mempengaruhi kesuksesan marketing communication.. Peneliti tertarik meneliti di SDIT Luqman Al Hakim karena merupakan salah satu sekolah swasta yang mampu mengembangkan program marketing communication, yang dapat dilihat dari adanya beberapa program unggulan dan mampu menjalin komunikasi dengan wali murid dan seluruh warga sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan dan hasil dari program Esluha Parenting Club (EPC), mengetahui pelaksanaan marketing communication dan mengetahui dampak dari pelaksanaan marketing communication melalui program EPC di SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sasarannya adalah seluruh warga sekolah yang terlibat dalam kegiatan marketing communication dan program parenting. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam hal ini peneliti mengungkap mengenai marketing communication melalui program parenting bagi eksistensi sekolah di masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) SDIT Luqman Al Hakim melakukan komunikasi yang intensif dengan wali murid melalui program Esluha Parenting Club (EPC) dan Pertemuan Orang tua Murid dan Guru (POMG) yang sudah menjadi program rutin setiap tahunnya. Kegiatan parenting dilakukan dengan model prophetic parenting. Hasil dari adanya program EPC sudah bisa dirasakan oleh semua pihak, yaitu peserta didik, orang tua dan sekolah.(2) Pelaksanaan marketing communication di SDIT Luqman Al Hakim sudah mampu meningkatkan kualitas dan mutu sekolah, dilihat dari adanya beberapa program unggulan dan strategi pemilihan teknik promosi, sehingga proses marketing communication berjalan dengan efektif dan efisien. (3) Dampak dari pelaksanaan marketing communication melalui program parenting bagi eksistensi SDIT Luqman Al Hakim dapat dilihat dari menigkatnya kepercayaan masyarakat, terutama wali murid atas pelayanan pendidikan yang disajikan di SDIT Luqman Al Hakim sehingga mendorong untuk mempromosikannya kepada orang lain. date: 2018-04-05 date_type: published pages: 258 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: NURUL FATHIYYAH, NIM. 14490012 (2018) MARKETING COMMUNICATION MELALUI PROGRAM ESLUHA PARENTING CLUB (EPC) DI SDIT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32639/1/14490012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32639/2/14490012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf