%A NIM. 14220034 MAHMUDI FAJAR %O SLAMET S.Ag.,M.Si %T BIMBINGAN KARIR DALAM MEMBANTU MERENCANAKAN STUDI LANJUT SISWA TUNANETRA DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA %X Latar belakang penyusunan penelitian ini adalah saat menginjak kelas XII hamper semua siswa tunanetra masih bingung menentukan jurusan yang pas untuk dirinya dalam melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Sehingga mereka belum mempunyai gambaran untuk karir setelah lulus dari MAN 2 Sleman. Untuk itu perlu adanya perencanaan karir khususnya kelanjutan studi sejak siswa duduk di kelas XI agar setelah menginjak kelas XII siswa sudah mempunyai pilihan dan mantap program studi apa dan perguruan tinggi mana yang cocok dan dapat diambil oleh siswa tunanetra Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan metode kualitatif, dengan mengambil lokasi di MAN 2 Sleman Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk membantu siswa tunanetra dalam merencanakan studi lanjut ke perguruan tinggi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah siswa tunanetra kelas XI. Sedangkan obyek penelitian ini adalah bentuk layanan bimbingan karir yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling kepada siswa tunanetra kelas XI tahun ajaran 2017/2018 yang ada di MAN 2 Sleman Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk layanan bimbingan yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling dalam membantu merencanakan studi ke perguruan tinggi bagi siswa tunanetra kelas XI pada tahun ajaran 2017/2018 di MAN 2 Sleman adalah: Pertama, bimbingan kelompok yang terdiri dari home room program, diskusi kelompok, kegiatan kelompok, career day, dan organisasi siswa. Kedua, konseling individu yang diberikan secara face to face kepada siswa yang dianggap masih belum mempunyai gambaran pilihan jurusan yang tepat untuk dirinya, serta hambatannya dalam melanjutkan studi ke perguruan tinggi. %K Bimbingan Karir, Studi Lanjut Siswa Tunanetra %D 2018 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib32642