TY - THES N1 - Dra. Wiji Hidayati, M.Ag., ID - digilib32643 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32643/ A1 - WARDATUL MILLAH, NIM. 14490019 Y1 - 2018/05/30/ N2 - Latar belakang penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti atas manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan kinerja pegawai Kementerian Agama khususnya di Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta. Peneliti memandang penerapan manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan kinerja pegawai perlu ditingkatkan karena kantor memiliki beberapa batasan yang mempengaruhi terhambatnya manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan kinerja pegawai di Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian dekriptif kualitatif dengan sasaran seluruh pegawai Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta. Subjek penelitian terdiri dari Kepala Kantor, Kepala Subbag Tata Usaha, Pegawai Perencanaan, Pegawai Pengadaan, Pegawai Pengelolaan, Pegawai Penerima Hasil Pekerjaan (PPHP), dan Pegawai Humas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana yang dikelola pegawai berdasarkan pada visi, misi dan tujuan Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta, kemudian untuk pengadaan sarana prasarana disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran yang ada. 2) faktor yang berkontribusi dalam meningkatkan kinerja pegawai Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta menghasilkan kinerja yang bagus karena kantor memberikan faktor-faktor peningkatan yang dapat meningkatkan kinerja sehingga pelayanan yang diberikan oleh Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta kepada masyarakat dan kinerja pegawai sudah terpenuhi. Faktor-faktor tersebut antara lain kemampuan, kepemimpinan, kemauan, motivasi, pendidikan dan pelatihan, sarana prasarana, disiplin, dan kejelasan tujuan pegawai. 3) hasil peningkatan kinerja dapat diketahui melalui pemenuhan SKP (Sasaran Kinerja Pegawai) yang disesuaikan dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing pegawai, dan dapat diketahui dari laporan masyarakat terkait pelayanan yang diberikan pegawai. Apabila pegawai mendapat laporan komplain maka pelayanan yang diberikan perlu diperbaiki, sebaliknya jika pegawai tidak mendapat laporan komplain maka pelayanan yang diberikan dan kinerja pegawai sudah bagus PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Manajemen sarana dan prasarana KW - peningkatan kinerja M1 - skripsi TI - PENERAPAN MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA AV - restricted EP - 237 ER -