@phdthesis{digilib3265, month = {November}, title = {NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM FILM LASKAR PELANGI ( sebuah adopsi novel karya Andrea Hirata)}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { Yulikha Shobarohmi Ishar NIM. 05470043}, year = {2009}, note = {Pembimbing : Dra. Siti Johariyah, M.Pd}, keywords = {Nilai Pendidikan, Islami, film Laskar Pelangi, Andrea Hirata}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3265/}, abstract = { ABSTRACT Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dunia pendidikan saat ini membutuhkan referensi baru untuk mengembangkan kualitas pendidikan. Adapun cara-caranya sangat beragam, salah satunya pembelajaran melalui media film. Dimana pesan-pesan pendidikan yang terkandung dalam sebuah film dapat dikonsumsi dan diterima sebagai pembelajaran bersama bagi dunia pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian study pustaka (Library Reserch), dengan mengambil objek film Laskar Pelangi. Dan sasarannya adalah seluruh pihak-pihak yang berkecimpung atau ikut serta peduli dalam dunia pendidikan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pragmatik. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan Content Analisyis (Analisis Isi) atau analisis dokumen, dan dari analisis tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai pendidikan dapat meliputi berbagai cara seperti dalam film Laskar Pelangi. Kandungan nilai-nilai edukatif dalam film Laskar Pelangi meliputi dimensi ketuhanan dan dimensi kemanusiaan. Dengan implikasi nilai-nilai tersebut dapat dijadikan sebagai alat untuk membentuk karakter seseorang dan dapat dilibatkan dalam setiap lini pendidikan Islam berdasarkan landasan Islam yakni Al-Qur'an dan As-Sunah. Kemudian keterlibatan tersebut dijadikan sebagai barometer penentu arah kebijakan, dasar penyesuaian pendidikan, dan motivasi (confident and presticience). Adapun kontribusinya: materi yang disampaikan dalam film Laskar Pelangi dapat dijadikan acuan bagi pengembangan pendidikan di negeri ini bagi semua pihak meliputi semua aspek yang melingkupi di dalamnya (metode, kurikulum, arah pendidikan, lembaga pendidikan, dan evaluasi pendidikan). Dan sebagai kritik sosial sebagai penyadaran bersama tentang arti penting sebuah pendidikan. } }