eprintid: 32661 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/03/26/61 datestamp: 2019-01-23 07:11:54 lastmod: 2019-01-23 07:11:54 status_changed: 2019-01-23 07:11:54 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Muttakin, NIM. 11210101 title: PESAN DAKWAH DALAM AKUN FACEBOOK ( FANPAGE ) USTADZ ABDUL SOMAD ispublished: pub subjects: PA divisions: jur_kpi full_text_status: restricted keywords: Pesan Dakwah, Fan Page, ustadz Abdul Somad note: Nanang Mizwar H, S.Sos., M,Si abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan dan kemajuan teknologi canggih, sehingga masyarakat banyak menggunakan media sosial sebagai alat komunikasi dan bertukar pikiran. Dengan adanya media sosial, jarak tak lagi jadi masalah untuk melakukan komunikasi. Selain itu, media sosial terbilang alat komunikasi yang lebih luas, ekonomis, efesien dan efektif dalam meyampaikan informasi, pengetahuan, kabar, berita bahkan untuk menyampaikan pesan dakwah.Dengan segala kemudahan yang diberikan media sosial, salah satunya adalah fanpage facebook, banyak da’i yang menggunakannya sebagai media untuk berdakwah. Tidak hanya itu, bahkan orang biasa sekalipun bisa menyampaikanpesan dakwahnya melalui facebook sesuai dengan apa yang menjadi tujuannya.Salah satu tokoh yang menggunakan fan page facebook sebagai media dakwahadalah Ustadz Abdul Somad, yaitu seorang da’i, penulis buku, aktivis dan dosen.Pada skripsi ini, penulis bertujuan untuk mengetahui kandungan pesan dakwah yang terdapat dalam fan page Ustadz Abdul Somad selama periode 24 Maretsampai 25 April 2018. Sehingga dapat diketahui pesan dakwah apa yang seringmuncul dan sifat penyampaian pesan dakwah seperti apa yang dominan digunakanpada fan page Ustadz Abdul Somad selama periode 24 Maret sampai 25 April2018.Penelitian ini menggunakan analisis isi yang bersifat deskriptif kuantitatif dengan rumus persentase yang dihitung melalui Microsoft Exel. Data yang ditelitiberupa 49 posting update pada fan page Ustadz Abdul Somad selama periode 24Maret sampai 25 April 2018. Analisis yang dilakukan berdasarkan pembagianmateri dakwah menurut Endang Saifudin Anshari, yaitu aqidah, syari’ah danakhlak serta sifat penyampaian pesan menurut Hafied Cangara dalam bukunya perencanaan dan strategi komunikasi, yaitu sifat pesan informatif, persuasif danmendidik.Hasil penelitian menunjukkan pesan dakwah yang dominan adalah padapesan syariah dengan persentase 47.8%, kemudian pesan akhlak 34,7% ataukurang dari setengahnya dan pesan aqidah 17.4% atau sebagian kecil. Sedangkanuntuk sifat penyampaian pesan dakwah yang paling dominan adalah pada pesanbersifat informatif sebanyak 39 posting atau 79.6%, kemudian mendidiksebanyak 7 posting atau 14.2%%, dan pesan bersifat persuasif sebanyak 3 postingatau 6.2%. date: 2018-08-28 date_type: published pages: 110 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Muttakin, NIM. 11210101 (2018) PESAN DAKWAH DALAM AKUN FACEBOOK ( FANPAGE ) USTADZ ABDUL SOMAD. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32661/1/11210101_BAB-I-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32661/2/11210101_BAB-II%2C%20III%2C%20IV.pdf