eprintid: 32662 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/03/26/62 datestamp: 2019-01-23 07:24:16 lastmod: 2019-01-23 07:24:16 status_changed: 2019-01-23 07:24:16 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: DEWI FAIQOTUL HIMMAH, NIM. 14490027i title: PERAN GURU PENDIDIKAN AKHLAK DALAM MENINGKATKAN SELF-CONTROL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 ispublished: pub subjects: mkpi divisions: jur_kis2 full_text_status: restricted keywords: peran guru, upaya, faktor, dan hasil self-control. note: Drs Mangun Budiyanto, M.S.l. abstract: Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap self-control(kontrol diri) seseorang dalam menjalani kehidupan sehari-hari diling- kungan sekolah, dimana kontrol diri ini diterapkan kepada anak berkebutuhan khusus di SMP Muhammadiyah 1 Sleman, Yogyakarta yang termasuk salah satu sekolah inklusi yang paling banyak dengan beberapa macam ketunaan, seperti: autis, tunarungu, tunawicara, tunadaksa, gifted(cerdas berbakat) dan slowlearn- er(lambat belajar) melalui pendidikan karakter yang disampaikan oleh guru pen- didikan akhlak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: mencari realita anak berkebutuhan khusus dalam megembangkan dan meningkatkan self-control dirinya dengan kemajuan zaman globalisasi yang semakin banyak perilaku penyimpangan yang dilakukan oleh siswa baik di sekolah maupun lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru pendidikan akhlak dalam meningkatkan self-control anak berkebutuhan khusus dengan beberapa ke- tunaan, menganalisa program yang diberikan dan strategi, faktor pendukung dan penghambat program, serta evaluasi program peningkatan self-control anak berkebutuhan khusus SMP Muhammadiyah 1 Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di SMP Muhammadiyah 1 Sleman, Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dil- akukan dengan cara melaksanakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan cara trianggulasi sumber dan teknik serta dikombinasikan dengan teori. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Peran guru dalam membantu proses self-control, melalui berbagai peran guru sebagai berikut: perencana, pelaksana, pembimbing, pendidik, demonstrator, dan evaluator. (2) Strategi pelaksanaan pro- gram dalam meningkatkan self-control anak berkebutuhan khusus di SMP Mu- hammadiyah 1 Sleman, yaitu: memberi program tambahan guru pendidikan akhlak khususnya, untuk membantu memperbaiki karakter melalui pelaksanaan penanaman dan pengembangan nilai-nilai karakter, melalui motivasi dari guru yang diselipkan di sela-sela proses pendidikan, (3) Faktor yang mempengaruhi proses peningkatan self-control, baik pendukung dan penghambat, yaitu: adanya kerjasama dan kemauan untuk mengembangkan self-control atau ketidakpedulian keluarga dalam mengontrol diri anak, (4) Hasil dari peranan guru pendidikan akhlak dalam membantu meningkatkan self-control anak berkebutuhan khusus cukup dibilang baik, akan tetapi masih dianggap kurang mampu dalam menangani problematika anak yang memiliki ketunaan karena butuh keahlian khusus dalam bersosialisasi dengan mereka. date: 2018-04-27 date_type: published pages: 168 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: DEWI FAIQOTUL HIMMAH, NIM. 14490027i (2018) PERAN GURU PENDIDIKAN AKHLAK DALAM MENINGKATKAN SELF-CONTROL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32662/1/14490027_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32662/2/14490027_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf