TY - THES N1 - Dr. H. M. Kholili, M.Si. ID - digilib32669 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32669/ A1 - Mareta Rahmawati, NIM. 11210126 Y1 - 2018/08/03/ N2 - Sebelum media massa online berkembang pesat seperti saat ini,masyarakat massa hanya menggunakan media massa cetak maupun elektronik.Orientasi penggunaannya pun terbatas pada pencarian informasi hanya padawaktu dan ruang tertentu. Peneliti tertarik untuk mengamati keaktifan penggunamedia massa online saat ini. Dimana khalayak aktif dan penggunaan medianyaberorientasi pada tujuan yang cukup jelas.Dengan asumsi teori uses and gratification menunjukkan bahwa setiapindividu memiliki penilaian tersendiri terhadap media yang digunakan ataudiaksesnya. Media massa online yang tidak lepas dari genggaman (gadget)khalayak menjadi menarik untuk diketahui bagaimana pola penggunaan sekaligus kepuasan yang diperolehnya.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode survey. Analisis penelitian ini menggunakan bantuan SPSS untukmengolah data. Menggunakan pengukuran skala Likert yang terdiri dari 5 pilihan,yakni selalu, sering, kadang-kadang, jarang, dan tidak pernah. Indikatorpenggunaan media massa online adalah frekuensi, intensitas, dan durasi.Kemudian indikator kepuasan dalam mengakses media massa online adalahinformasi, hiburan, identitas pribadi, lalu integrasi dan interaksi sosial.Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat Rusunawa Projotamansari III sering bahkan selalu menggunakan media massaonline setiap hari. Mereka juga merasa terpenuhi kebutuhannya dalam halmendapat informasi dan hiburan ketika mengakses media massa online. Meskicukup banyak juga yang menyatakan kadang-kadang memperoleh kepuasan dalam dimensi identitas pribadi dan interaksi sosial. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - teori uses and gratification KW - penggunaan media KW - deskriptif kuantitatif KW - media massa online M1 - skripsi TI - PENGGUNAAN DAN KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP MEDIA MASSA ONLINE AV - restricted EP - 133 ER -