%0 Thesis %9 Skripsi %A ANISA HASNAWATI, NIM 14210038 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2018 %F digilib:32681 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Korupsi, Media dan Agenda Setting %P 176 %T PENGARUH PEMBERITAAN KASUS KORUPSI DI TVONE TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA MENGENAI KINERJA KPK %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32681/ %X Media televisi merupakan salah satu sumber informasi yang diandalkan masyarakat untuk mengetahui kabar-kabar terkini mengenai berbagai kejadian di berbagai belahan dunia. Diantara berbagai stasiun televisi di Indonesia, tvOne merupakan stasiun televisi merupakan saluran televisi berita dan olahraga. Pemberitaan mengenai berbagai topik ditayangkan untuk memenuhi kebutuhan audiens termasuk berita mengenai kasus korupsi. Tindak pidana tersebut ditangani oleh pemerintah melalui lembaga pemberantas korupsi yaitu KPK atau Komisi Pemberantasan Korupsi. Pada penelitian ini peneliti ingin mencari tahu adakah pengaruh dari pemberitaan korupsi yang ditayangkan oleh tvOne dengan persepsi khalayak mengenai kinerja KPK. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode inferensial, dengan menggunakan kuesioner sebagai sember data primer. Pengambilan sample dilakukan menggunakan metose purposive berstrata. Untuk mengukur terkait pemberitaan kasus korupsi di tvOne, peneliti menggunakan teori agenda setting menurut Warner Severindan James W.Tankard yang membagi agenda setting menjadi tiga bagian yaitu agenda media, agenda publik dan agenda kebijakan. Penelitian ini membahas tentang bagaimana pengaruh yang dihasilkan agenda setting mampu merubah persepsi khalayak akan suatu topik. Perolehan data kemudian dihitung menggunakan uji asumsi klasik, uji koefisien korelasi multiple dan uji regresi multiple. Berdasarkah hasil penelitian, peneliti menemukan adanya pengaruh menonton pemberitaan kasus korupsi yang terjadi terhadap persepsi masyarakat atas suatu kejadian atau topik. Kemudian dalam koefisien determinasi ditemukan bahwa besarnya pengeruh antara ketiga variabel x1,x2,x3 (teori agenda setting) terhadap variabel y (persepsi) yaitu sebesar 66,6 %. Sehingga penelitian ini membuktikan teori agenda setting yang menyebutkan perubahan kognitif audiens pada agenda setting yang terjadi di sekitar mereka. %Z Dr. Mustofa, S.Ag., M.Si.