TY - THES N1 - Siti Nur Hidayah, S.Th.I, M.Sc., ID - digilib32683 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32683/ A1 - INDRIA NUR SAPUTRI, NIM. 14490042 Y1 - 2018/04/02/ N2 - Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap komunikasi interpersonal antar kepala sekolah di lembaga pendidikan. Gaya komunikasi interpersonal mencerminkan karakter pribadi pemimpin dan mempunyai hubungan antar pegawai. Penelitian ini fokus pada SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta. SD tersebut menarik untuk diteliti, karena kompleksitas latar belakang pegawai, yaitu dengan adanya perbedaan kepercayaan agama, latar belakang pendidikan, dan sekolah tersebut menyelenggarakan pendidikan inklusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya komunikasi interpersonal kepala sekolah, bagaimana gaya komunikasi tersebut digunakan untuk meningkatkan kinerja pegawai dan hambatan-hambatan dalam komunikasi interpersonal di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil subjek penelitian kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis dengan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gaya komunikasi interpersonal kepala sekolah SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta, ada tiga gaya yaitu: the equalitarium style, the controlling style, dan the relinquishing style. (2) Dalam meningkatkan kinerja pegawai, kepala sekolah menggunakan beberapa gaya komunikasi seperti: kekeluargaan, mengayomi dan ngemong, senyum, salam dan sapa, relaxed atau santai, friendly, attentive, dan impression leaving. Selain itu, upaya lain yang digunakan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja pegawai yaitu pendekatan, motivasi, pemberian reward, program diklat, seminar, workshop, dan pelatihan mandiri. (3) Dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa hambatan-hambatan dalam komunikasi interpersonal antar pegawai seperti miskomunikasi, masalah waktu, sistem yang diterapkan sekolah dan kurangnya pemahaman pihak yang diajak berkomunikasi. Sehingga cara untuk menghadapi atau mengatasinya yaitu dengan melakukan pengulangan informasi dan penjelasan agar pesan atau informasi yang disampaikan dapat dipahami dengan jelas. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Gaya komunikasi KW - Komunikasi Interpersonal KW - Hambatan Komunikasi. M1 - skripsi TI - GAYA KOMUNIKASI INTERPERSONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA YOGYAKARTA AV - restricted EP - 247 ER -