%A NIM. 14490042 INDRIA NUR SAPUTRI
%O Siti Nur Hidayah, S.Th.I, M.Sc.,
%T GAYA KOMUNIKASI INTERPERSONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DI SD TAMAN MUDA
IBU PAWIYATAN TAMANSISWA YOGYAKARTA
%X Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap
komunikasi interpersonal antar kepala sekolah di lembaga pendidikan. Gaya komunikasi interpersonal 
mencerminkan karakter pribadi pemimpin dan mempunyai hubungan antar pegawai. Penelitian ini fokus 
pada SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta. SD tersebut menarik untuk diteliti, karena 
kompleksitas latar belakang pegawai, yaitu dengan adanya perbedaan kepercayaan agama, latar 
belakang pendidikan, dan sekolah tersebut menyelenggarakan pendidikan inklusi. Penelitian ini 
bertujuan untuk mengetahui gaya komunikasi interpersonal kepala sekolah, bagaimana gaya komunikasi 
tersebut digunakan untuk meningkatkan kinerja pegawai dan hambatan-hambatan dalam komunikasi 
interpersonal di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil subjek penelitian kepala sekolah, 
guru dan tenaga kependidikan SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta. Teknik pengumpulan 
data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis 
dengan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gaya komunikasi interpersonal kepala sekolah SD Taman Muda 
Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta, ada tiga gaya yaitu: the equalitarium style, the controlling 
style, dan the relinquishing style. (2) Dalam meningkatkan kinerja pegawai, kepala sekolah 
menggunakan beberapa gaya komunikasi seperti: kekeluargaan, mengayomi dan ngemong, senyum, salam 
dan sapa, relaxed atau santai, friendly, attentive, dan impression leaving. Selain itu, upaya lain 
yang digunakan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja pegawai yaitu pendekatan, motivasi, 
pemberian reward, program diklat, seminar, workshop, dan pelatihan mandiri. (3) Dalam 
pelaksanaannya, terdapat beberapa hambatan-hambatan dalam komunikasi interpersonal antar pegawai 
seperti miskomunikasi, masalah waktu, sistem yang diterapkan sekolah dan kurangnya pemahaman pihak 
yang diajak berkomunikasi. Sehingga cara untuk menghadapi atau mengatasinya yaitu dengan melakukan 
pengulangan informasi dan penjelasan agar pesan atau informasi yang disampaikan dapat dipahami 
dengan jelas.
%K Gaya komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Hambatan
Komunikasi.
%D 2018
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%L digilib32683