eprintid: 32686 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/26/86 datestamp: 2019-03-18 01:20:27 lastmod: 2019-03-18 01:20:27 status_changed: 2019-03-18 01:20:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Khafidlin, NIM. 1420011008 title: PROBLEMATIKA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA PUSTAKAWAN DENGAN PEMUSTAKA PADA LAYANAN SIRKULASI (Studi Kasus Di Perpustakaan Universitas Semarang) ispublished: pub subjects: IPI divisions: perp_inf full_text_status: restricted keywords: komunikasi interpersonal, pustakawan, layanan sirkulasi note: Dr. Nurul Hak, S.Ag., M.Hum abstract: In this study, researchers intend to provide an overview of the problematic interpersonal communication between librarians and users of circulation services at the Library Semarang of University. There are one formulations of the problem in this study, namely the problem of interpersonal communication between librarians and users of circulation services. This research is a qualitative descriptive study with a type of case study. Data collection methods used are interviews, observation, and documentation. Determining the data source is a positive sampling. Data analysis used in this study is referring to the concept of Milles & Huberman. The researcher analyzed the data from interviews by reducing the data, categorizing and synthesizing the reduction data. The next step is to look for trends from the interview data to then find conclusions from the emerging trends so that they can be learned. Based on the results of the study obtained results that illustrate the problems of interpersonal communication between librarians and users of circulation services in the Library Semarang of University occurs in an attitude of empathy, positive attitude, attitude of similarity, self-confidence, immediacy has been shown well. But not all librarians have demonstrated the attitude of providing interaction management and supportiveness. To improve librarian interpersonal communication in circulation services it is advisable to prepare and improve the quality of human resources through education and training in the fields of personality, communication, and library. Keywords: interpersonal communication, librarian, circulation services [INDONESIA] Dalam penelitian ini, peneliti bermaksud memberikan gambaran problematika komunikasi interpersonal antara pustakawan dengan pemustaka pada layanan sirkulasi di Perpustakaan Universitas Semarang. Terdapat satu rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu mengenai problematika komunikasi interpersonal antara pustakawan dengan pemustaka pada layanan sirkulasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penentuan sumber data adalah pusposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengacu pada konsep Milles & Huberman. Peneliti menganalisis data hasil wawancara dengan mereduksikan data, mengkategorisasikan dan mensintesisasikan data hasil reduksi. Langkah berikutnya mencari kecenderungan-kecenderungan dari data hasil wawancara untuk kemudian menemukan kesimpulan dari kecenderungan yang muncul sehingga dapat dipelajari. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa gambaran problematika komunikasi interpersonal antara pustakawan dengan pemustaka pada layanan sirkulasi di Perpustakaan Universitas Semarang terjadi pada sikap empati, sikap positif, sikap kesamaan, sikap percaya diri, kesegeraan sudah ditunjukkan dengan baik. Namun belum semua pustakawan menunjukkan sikap memberikan dukungan dan sikap pengelolaan interaksi. Untuk meningkatkan komunikasi interpersonal pustakawan pada layanan sirkulasi disarankan menyiapkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan di bidang kepribadian, komunikasi, dan perpustakaan. Kata kunci: komunikasi interpersonal, pustakawan, layanan sirkulasi date: 2018-08-21 date_type: published pages: 174 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other citation: Khafidlin, NIM. 1420011008 (2018) PROBLEMATIKA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA PUSTAKAWAN DENGAN PEMUSTAKA PADA LAYANAN SIRKULASI (Studi Kasus Di Perpustakaan Universitas Semarang). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32686/1/1420011008_BAB-1_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32686/2/1420011008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf