%0 Thesis %9 Skripsi %A Muhammad Tathmainnul Qulub, NIM. 12210136 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2018 %F digilib:32704 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Komunikasi Persuasif, Twitter, A. Mustofa Bisri (Gusmus). %P 120 %T KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM AKUN TWITTER A. MUSTOFA BISRI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32704/ %X Kemajuan teknologi telah menyentuh semua bidang kehidupan manusia termasuk bidang komunikasi. Perkembangan teknologi dalam berkomunikasi mampu mengubaaah pola komunikasi masyarakat yang awalnya konvensional menjadi serba modern. Media komunikasi juga semakin modern dan beragam salah satunya adalah twitter. Twitter dinilai efektif sebagai media komunikasi karena mudah, cepat dan memiliki jangkauan luas, termasuk dalam menyampaikan pesan dakwah kepada khalayak.Salah satu contoh adalah media sosial twitter yang digunakan sebagai media dakwah adalah twitter milik A. Mustofa Bisri @gusmusgusmu. Dalam twitter-nya Gusmus (sapaan akrab beliau) menggunakan teknik komunikasi persuasif dengan tujuan mengubah sikap dan perilaku mad’u sesuai dengan yang diperintahkan dalam Al-Qur’an dan Hadits melalui cuitan status yang diposting. Teknik komunikasi persuasif yang digunakan Gusmus dalam statusnya dianalisis dengan teknik analisis isi dan disesuaikan dengan teknik-teknik komunikasi persuasive dalam buku Dinamika Komunikasi Karya Onong Uhjana Effendy yaitu Teknik Asosiasi, teknik Integrasi, teknik Ganjaran, teknik Tataan dan teknik Red Hearing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Bedasarkan analisa peneliti maka dapat disimpulkan bahwa dalam twitter “A. Mustofa Bisri @gusmusgusmu” terdapat aplikasi klima teknik komunikasi persuasif melalui status yang diposting. Dari kelima teknik tersebut, Gusmus lebih banyak menggunakan teknik Integrasi. Artinya Gusmus lebih banyak menggunakan cara menyatukan diri dengan khalayak dengan cara mengemas pesan dakwahnya melalui ‘doa’. %Z Dr. Hamdan Daulav