eprintid: 32704 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/03/27/04 datestamp: 2019-01-24 03:29:17 lastmod: 2019-01-24 03:29:17 status_changed: 2019-01-24 03:29:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Muhammad Tathmainnul Qulub, NIM. 12210136 title: KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM AKUN TWITTER A. MUSTOFA BISRI ispublished: pub subjects: PA divisions: jur_kpi full_text_status: restricted keywords: Komunikasi Persuasif, Twitter, A. Mustofa Bisri (Gusmus). note: Dr. Hamdan Daulav abstract: Kemajuan teknologi telah menyentuh semua bidang kehidupan manusia termasuk bidang komunikasi. Perkembangan teknologi dalam berkomunikasi mampu mengubaaah pola komunikasi masyarakat yang awalnya konvensional menjadi serba modern. Media komunikasi juga semakin modern dan beragam salah satunya adalah twitter. Twitter dinilai efektif sebagai media komunikasi karena mudah, cepat dan memiliki jangkauan luas, termasuk dalam menyampaikan pesan dakwah kepada khalayak.Salah satu contoh adalah media sosial twitter yang digunakan sebagai media dakwah adalah twitter milik A. Mustofa Bisri @gusmusgusmu. Dalam twitter-nya Gusmus (sapaan akrab beliau) menggunakan teknik komunikasi persuasif dengan tujuan mengubah sikap dan perilaku mad’u sesuai dengan yang diperintahkan dalam Al-Qur’an dan Hadits melalui cuitan status yang diposting. Teknik komunikasi persuasif yang digunakan Gusmus dalam statusnya dianalisis dengan teknik analisis isi dan disesuaikan dengan teknik-teknik komunikasi persuasive dalam buku Dinamika Komunikasi Karya Onong Uhjana Effendy yaitu Teknik Asosiasi, teknik Integrasi, teknik Ganjaran, teknik Tataan dan teknik Red Hearing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Bedasarkan analisa peneliti maka dapat disimpulkan bahwa dalam twitter “A. Mustofa Bisri @gusmusgusmu” terdapat aplikasi klima teknik komunikasi persuasif melalui status yang diposting. Dari kelima teknik tersebut, Gusmus lebih banyak menggunakan teknik Integrasi. Artinya Gusmus lebih banyak menggunakan cara menyatukan diri dengan khalayak dengan cara mengemas pesan dakwahnya melalui ‘doa’. date: 2018-08-20 date_type: published pages: 120 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Muhammad Tathmainnul Qulub, NIM. 12210136 (2018) KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM AKUN TWITTER A. MUSTOFA BISRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32704/1/12210136_BAB-I_IV_DAFTARV-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32704/2/12210136_BAB-II_BAB%20III.pdf