%0 Thesis %9 Skripsi %A RIFKY OCTORA KACARIBU, NIM : 14820009 %B FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM %D 2018 %F digilib:32715 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K motivasi spiritual, pertimbangan pasar kerja, penghargaan finansial, nilai-nilai sosial, persepsi mahasiswa, personalitas, minat, aktivis, mahasiswa, dan Perbankan Syariah. %P 117 %T FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT AKTIVIS MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA BEKERJA PADA PERBANKAN SYARIAH %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32715/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh variabel motivasi sepritual, pertimbangan pasar kerja, penghargaan finansial, nilai-nilai sosial, persepsi mahasiswa dan personalitas terhadap minat aktivis mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Kalijaga bekerja pada Perbankan Syariah. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif yang melibatkan teknik analisis statistik. Penelitian ini mengunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner yang ditujukan kepada aktivis mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Kalijaga angkatan 2014 sampai angkatan 2017 dengan populasi sebanyak 856 orang. Sampel penelitian ini adalah 90 orang yang dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan program SPSS 16.00. Berdasarkan hasil analisis uji parsial pada penelitian ini menunjukan bahwa variabel motivasi spiritual nilai probabilitas signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 ≤ 0,05 dan thitung (5,460) ≥ ttabel (1,985). Variabel pertimbangan pasar kerja nilai probabilitas signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 ≤ 0,05 dan thitung (5,525) ≥ ttabel (1,989). Variabel penghargaan finansial nilai probabilitas signifikansi yang diperoleh sebesar 0,001 ≤ 0,05 dan thitung (4,494) ≥ ttabel (1,989). Variabel nilai-nilai sosial nilai probabilitas signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 ≤ 0,05 dan thitung (3,474) ≥ ttabel (1,989). Penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi spiritual, pertimbangan pasar kerja, penghargaan finansial dan nilai-nilai sosial berpengaruh positif signifikan terhadap minat aktivis mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Kalijaga bekerja pada Perbankan Syariah. Variabel persepsi mahasiswa nilai probabilitas signifikansi yang diperoleh sebesar 0,420 ≥ 0,05dan thitung (0,915) ≥ ttabel (1,989). Variabel personalitas nilai probabilitas signifikansi yang diperoleh sebesar 0,917 ≥ 0,05 dan thitung (0,563) ≥ ttabel (1,989). Hasil ini mengonfirmasi bahwa persepsi mahasiswa dan personalitas tidak berpengaruh terhadap minat aktivis mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Kalijaga bekerja pada Perbankan Syariah. Koefisien determinasi menunjukan 87,5% variabel dependen terhadap minat aktivis mahasiswa bekerja pada Perbankan Syariah dapat dijelaskan oleh variabel independen. Sedangkan 12,4% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini. %Z Dr. Ibi Satibi, S.H.I., M.S.I