relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32735/ title: STRATEGI KYAI DALAM MENGELOLA PENDIDIKAN ISLAM DI PESANTREN AL-FADHILAH MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN creator: FARIHA NURUL QOMARIYAH, NIM. 14490081 subject: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam description: Latar belakang dari penelitian ini adalah ketertarikan peneliti untuk mengetahui lebih dalam mengenai strategi kyai dalam mengelola pendidikan Islam dan implementasi strategi tersebut. Di Pondok Pesantren Al-Fadhilah yang sekaligus sebagai sekaligus panti asuhan Darun Najah untuk santri yatim piatu dan dhuafa. Peran ganda pesantren sebagai lembaga keagamaan dan sosial tersebut, perlu memiliki pengelolaan pendidikan Islam yang strategis agar berkembang, maju dan berkualitas. Karena di lembaga pendidikan Islam seperti pesantren, tidak cukup hanya dengan mengkaji kitab kuning, nahwu dan shorof saja, namun pengembangan sosial santri perlu di kembangkan. Oleh karena itu, penelitian ini fokus pada kyai dalam mengelola pendidikan Islam di Pondok Pesantren Al-Fadhilah serta implementasinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui observasi, in-depth interview dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, serta verifikasi data. Teknik penetuan validitas dan keabsahan data dengan cara triagulasi teknik. Fokus penelitian yaitu strategi kyai dalam mengelola pendidikan Islam implementasi strategi kyai dalam mengelola pendidikan Islam di Pondok Pesantren Al-Fadhilah Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Hasil penelitian menyatakan bahwa kyai menerapkan analisis SWOT sebagai strategi dalam mengelola pendidikan Islam di Pondok Pesantren Al- Fadhilah, dengan melakukan analisis faktor-faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman Pondok Pesantren Al-Fadhilah Sleman. Implementasi strategi kyai dalam mengelola pendidikan Islam terbagi menjadi 2 yaitu kegiatan terprogram dan tidak terprogram. Implementasi kegiatan terprogram antara lain kegiatan bakti sosial, program tahfidz, amalan-amalan dan kegiatan tidak terprogram antara lain kegiatan seminar dan kegiatan keterampilan dan minat santri. Sementara itu implementasi tersebut tidak semuanya berjalan dengan efektif dan efisien. Ada beberapa faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi keberhasilan kegiatan di Pondok Pesantren Al-Fadhilah Sleman. date: 2018-05-30 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32735/1/14490081_BAB-%20I%20_IV-atau-V_%20DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32735/2/14490081_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: FARIHA NURUL QOMARIYAH, NIM. 14490081 (2018) STRATEGI KYAI DALAM MENGELOLA PENDIDIKAN ISLAM DI PESANTREN AL-FADHILAH MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.