@phdthesis{digilib3274, month = {November}, title = {GRADASI MATERI DALAM KITAB AL-NAHWU AL-WADIH LI AL-MADARIS AL-IBTIDAI'IYYAH KARYA 'ALI AL-JARIM DAN MUSTAFA AMIN DAN AL- amp;\#8216;IMRITI KARYA SYAIKH SYARIFUDDIN YAHYA AL- amp;\#8216;IMRITI ( Studi komparatif )}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { M.Thobroni NIM : 03420307}, year = {2009}, note = {Pembimbing : Drs. Asrori Saud, MSi}, keywords = {Gradasi Materi, Kitab Al-Nahwu Li Al-Madaris Al-Ibtidaiyyah, Ali al-Jarim, Mustafa Amin, Al-Imriti, Syaikh Syarifuddin Yahya Al-Imriti}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3274/}, abstract = { ABSTRACT penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gradasi Materi dalam kitab Al- Nahwu Al-Wadih dan kitab Al-'Imriti serta mengetahui persamaan dan perbedaan Gradasi Materi dalam kedua kitab tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan pemikiran bagi umat Islam berkaitan efektifitas metode pegajaran bahasa arab pada saat ini. dan sebagai motivasi bagi siapa saja khususnya yang concern terhadap pembelajaran ilmu nahwu. Jenis penelitian ini adalah library research (penelitian kepustakaan) , dengan menggunakan dua sumber data, yaitu: kitab Al- Nahwu Al-Wadih dan kitab Al-'Imriti sebagai sumber data primer serta Buku Proses Belajar Mengajar Bahasa karya Fuad Abdul Hamied dan Buku Pengajaran Bahasa Asing: sebuah tinjauan dari segi Metodologis karya Dr. Mulyanto Sumardi dan karya lain yang relevan dengan pembahasan tersebut sebagai sumber data sekunder. Sifat penelitian ini adalah deskriptif komparatif. Metode pengolahan data yang digunakan adalah metode deduktif- komparatif. Hasil penelitian menunjukkan : kitab Al- Nahwu Al-Wadih dari segi faktor gradasi, menatatingkatkan isi pembelajaran berdasarkan tujuan khusus literal membaca dan menulis, untuk tingkat pemula, sudah memperhatikan faktor masukan (indut factor) dan Faktor aktivitas pembelajaran. Sedangkan dari segi jenis gradasi, menggunakan gradasi putar, dari segi kebahasaan ditata tingkatkan menggunakan gradasi gramatis. Disusun berdasarkan deskripsi bahasa sasaran mulai dari yang sederhana ke yang umit, dari yang umum ke yang khusus, dari yang ringkas ke yang panjang dan dimulai dengan pola yang memiliki frekuensi keterjadian dan bobot fungsional yang paling tinggi. Sedangkan kitab Al-'Imriti menatatingkatkan isi pembelajaran berdasarkan tujuan khusus literal membaca. untuk tingkat pemula, dari segi kebahasaan menggunakan gradasi gramatis, Sedangkan dari segi jenisnya menggunakan gradasi lurus, dalam menatatingkatkan isi materi pembelajaran berdasarkan deskripsi bahasa sasaran yaitu mendahulukan pokok bahasan yang memiliki frekuensi keterjadian dan bobot fungsional yang paling tinggi. pola penyusunan kitab ini dimulai dari yang umum ke yang khusus, dari yang ringkas ke yang panjang, persamaan Kedua kitab ini sama-sama ditatatigkatkan untuk tingkat pemula, dari segi kebahasaan sama-sama ditatatingkatkan menggunakan gradasi gramatis, mendahulukan pokok bahasan yang memiliki frekuensi keterjadian dan bobot fungsional yang paling tinggi. pola penyusunan kedua kitab ini dimulai dari yang umum ke yang khusus, dari yang ringkas ke yang panjang. Sedangkan perbedaan kedua kitab tersebut dapat dilihat dari segi tujuan, kitab Al- Nahwu Al-Wadih ditatatingkatkan berdasarkan tujuan khusus literal membaca dan menulis. Sedangkan kitab Al-'Imriti hanya berdasarkan tujuan khusus literal membaca, dari segi jenis gradasi, kitab AL-Nahwu Al-Wadih dan ditatatingkatkan menggunakan gradasi putar, sedangkan kitab Al-'Imriti menggunakan gradasi lurus. Dari segi kriteria gradasi, pola penyusunan kitab AL-Nahwu Al-wadih juga dimulai dari yang sederhana ke yang rumit, sedangkan kitab Al-'Imriti tidak. } }