TY - THES N1 - Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd. ID - digilib32747 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32747/ A1 - Muhammad Jihad, NIM : 1420411001 Y1 - 2018/08/13/ N2 - Usaha peningkatan kualitas pendidikan tidak bisa lepas dari pengelolaan unsur-unsur pendidikan seperti kurikulum, sarana dan prasarana, kualitas pendidikan, dan lain-lainnya. Di SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang metode pembelajaran yang monoton memberikan kejenuhan pada siswa, sehingga berakibat pada motivasi dan konsentrasi belajar yang rendah serta hasil belajar yang minim. Untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu dilakukan yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan, lebih mengaktifkan siswa dan mencoba, salah satunya adalah pembelajarn dengan metode hypnoteaching. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana penerapan hypnoteaching dalam pembelajaran PAI (2) bagaimana peningkatan konsentrasi dan motivasi belajar siswa setelah menggunakan metode hypnoteaching dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini bersifat kualitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket untuk melengkapi data. Selain itu, dalam penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods untuk pengungkapan data. Adapun urutan kegiatan meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Dari penelitian yang telah dilakukan dengan pelaksanaan tindakan sebanyak 3 siklus untuk masing-masing kelas dapat disimpulkan bahwa metode hypnoteaching dapat meningkatkan konsentasi dan motivasi belajar PAI. Hal ini ditunjukkan dari perilaku dan aktivitas siswa dalam pembelajaran yang mulai terkendalikan dengan baik, adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran dibuktikan dengan adanya komunikasi dua arah antara guru dan siswa, selain itu siswa fokus dan senang mengikuti proses pembelajaran yang berlangsung. Peningkatan konsentrasi dan motivasi belajar PAI di kelas V.A bisa dilihat dari data angket wawancara dan observasi pembelajaran yang menunjukkan adanya peningkatan signifikan. (1) Peningkatan konsentrasi belajar, berdasarkan data angket wawancara secara keseluruhan mengalami peningkatan sebesar 5, 99 %. Demikian juga dengan hasil perhitungan pada lembar observasi, secara kesuluruhan mengalami peningkatan sebesar 25 %. (2) Peningkatan motivasi belajar, dari hasil data angket wawancara secara keseluruhan menunjukkan peningkatan sebesar 19, 74%. Demikian juga dari hasil perhitungan lembar observasi secara keseluruhan mengalami peningkatan sebesar 23, 33%. Kata kunci: hypnoteaching, konsentrasi, motivasi PB - UIN Sunan Kalijaga KW - hypnoteaching KW - konsentrasi KW - motivasi M1 - masters TI - HYPNOTEACHING DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI DAN MOTIVASI BELAJAR DI SD MUHAMMADIYAH 1 ALTERNATIF KOTA MAGELANG AV - restricted EP - 230 ER -