%0 Thesis %9 Skripsi %A IRMA NIRMALA, NIM. 14490090 %B FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2018 %F digilib:32760 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Implementasi manajemen kelas humanistik, kelas inklusi %P 205 %T IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS HUMANISTIK UNTUK KELAS INKLUSI DI SMP PGRI KASIHAN BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32760/ %X Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap pengelolaan yang humanis untuk kelas inklusi. proses pembelajaran yang terjadi di kebanyakan sekolah masih kurang humanis. Banyak peristiwa yang terjadi dalam kelas khususnya dan dalam lingkungan sekolah umumnya masih tertumpu pada guru sehingga hubungan antara kedua belah pihak masih berjalan searah. Pada umumnya siswa belum diberi kesempatan untuk menempatkan pribadinya dalam proporsi yang sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pelaksanaan pengelolaan kelas humanistik di SMP PGRI Kasihan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan pelaksanaan pengelolaan manajemen kelas humanistik untuk kelas inklusi di SMP PGRI Kasihan yang mengimplementasikan pembelajaran humanitik di dalam kelas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) secara kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan (observasi), wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya pemeriksaan data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi data, sumber dan teknik serta dikombinasi dengan teori. Hasil penelitian ini menunjukkan pada : (1) pelaksanaan manajemen kelas humanistik untuk kelas inklusi di SMP PGRI Kasihan dikelola dengan perencanaan RPP dan RPI, pengaturan pembelajaran di dalam kelas, dan mengakhiri atau menutup kegiatan pembelajar. Proses kegiatan belajar mengajar di kelas inklusi DMP PGRI Kasihan dengan penerapan pembelajaran yang humanis. Pada pembelajaran, guru dan siswa telah melakukan prinsip-prinsip pendidikan humanis, yaitu dalam pembelajaran guru menganggap peserta didik adalah makhluk termulia, memiliki kemampuan berfikir dan merenung, adanya perbedaan perseorangan, dan peserta didik memerlukan sosialisasi diantara mereka. Guru SMP PGRI Kasihan juga menerapkan pembelajaran dengan menggunakan model humanizing the classroom yang terdiri dari beberapa model. Selanjutnya guru juga membangun atau mengambangkan sikap siswa dalam belajar di dalam kelas dengan beberapa sikap yang bersifat humanis. (2) kendala-kendala pengelolaan kelas di SMP PGRI Kasihan ada tiga faktor yaitu (a) guru, dalam hal: kepemimpinan guru yang otoriter, format mengajar yang monoton, dan kerpibadian guru. (b) siswa, dalam hal: siswa selalu membuat masalah, siswa kurang berkonsetrasi, siswa kurang bersemangat, siswa egois, siswa suka merajuk, dan siswa pemalu. Selanjutnya (c) faktor fasilitas %Z Miftahus Sa’adah, S.Pd.I., M.Ed.,