%0 Thesis %9 Skripsi %A ALI MUNIR, NIM. 14490099 %B FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2018 %F digilib:32764 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kepemimpinan transformasional-religius, direktur, prestasi dan lembaga. %P 264 %T GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL-RELIGIUS DALAM MENGEMBANGKAN PRESTASI LEMBAGA DI TKA-TPA-TQA-MDT MARGOYOSO PAKUALAMAN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32764/ %X Latar belakang dari penelitian ini adalah ketertarikan peneliti untu mengetahui lebih dalam mengenaigaya kepemimpinan transformasional-religiu direktur TKA-TPA-TQA-MDT Margoyoso Pakualaman Yogyakarta dala mengembangkan prestasi lembaga. Dalam lembaga pendidikan isla kepemimpinan transformasional tidak cukup untuk mencapai tujuan lembag tertentu. Sehingga diperlukan aspek-aspek religuitas sebagai pola integrasi antar rasional dan spiritual keagamaan. Dengan demikian, sebuah lembaga pendidika tidak berprestasi secara kognitif, melainkan juga berkembang dalam h spitualitas. Hal yang demikian tentu dilakukan melalui upaya-upay pengembangan prestasi lembaga, baik secara administratif maupun presta peserta didik dalam berbagai kompetisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang digunakan untu menggali informasi secara mendalam tentang topik penelitian. Sedangkan tekni pengumpulan data melalui non-participant observation, in-depth interview da documentation. Analisis dan teknik penentuan validitas dan keabsahan dat dengan cara comparing dan contrasting, dimana peneliti membanding data da beberapa sumber yang berbeda. Fokus penelitian yaitu gaya kepemimpina transformasional-religius direktur TKA-TPA-TQA-MDT Margoyos Pakualaman Yogyakarta dalam mengembangkan prestasi lembaga. Hasil penelitian penelitian menyatakan gaya kepemimpina transformasional-religius telah dimiliki oleh direktur TKA-TPA-TQA-MD Margoyoso dalam mengembangkan prestasi lembaganya melalui kharism motivasi inspirasional, dorongan intelektual, dan pertimbangan individ Pengembangan prestasi dilakukan melalui komitmen terhadap kemajuan mut pelajaran, pemahaman yang luas terhadap manajemen lembaga denga mendayagunakan seluruh komponen, serta menjamin kemajuan peserta didi melalui kontrol dan pembinaan minat-bakat santri sehingga mamp memenangkan kompetisi di tingkat lokal maupun nasional. Kata kunci: Kepemimpinan transformasional-religius, direktur, prestasi da lembaga. %Z Siti Nur Hidayah, M.Sc.,