TY - THES N1 - Dra. Hj. Mikhriani, M.M., ID - digilib32830 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32830/ A1 - MAHMUD ROIS, NIM. 14240059 Y1 - 2018/08/16/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Total Quality Management (TQM) dalam pemeriksaan kesehatan jamaah haji di Puskesmas Piyungan Kabupaten Bantul tahun 2017. Penelitian ini mengangkat rumusan masalah yaitu bagaimana penerapan Total Quality Management (TQM) dalam pemeriksaan kesehatan jamaah haji di Puskesmas Piyungan Kabupaten Bantul tahun 2017. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi, yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode pengumpulan data. Analisis data menggunakanan teknik reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penegasan kesimpulan, dengan tujuan untuk menyatukan data-data yang peneliti kumpulkan tentang penerapan Total Quality Management (TQM) dalam pemeriksaan kesehatan jamaah haji di Puskesmas Piyungan Kabupaten Bantul tahun 2017. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa Puskesmas Piyungan Kabupaten Bantul sudah menerapkan Total Quality Management (TQM). Dibuktikan dengan adanya unsur dan prinsip TQM yang diterapkan pada pemeriksaan kesehatan seperti fokus pada jamaah haji, manajemen berdasarkan fakta, perbaikan berkesinambungan, adanya pendidikan dan pelatihan terhadap petugas pemeriksa kesehatan. Akan tetapi unsur-unsur TQM ini masih belum dilaksanakan secara maksimal, seperti obsesi terhadap kualitas yaitu kurang lengkapnya peralatan kesehatan (alat rontgen) saat pemeriksaan kesehatan jamaah haji, sehingga pelaksanaan pemeriksaan kesehatannya kurang efektif. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Total Quality Management (TQM) KW - Pemeriksaan Kesehatan Jamaah Haji dan Puskesmas Piyungan. M1 - skripsi TI - ANALISIS TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM PEMERIKSAAN KESEHATAN JAMAAH HAJI DI PUSKESMAS PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL TAHUN 2017 AV - restricted EP - 161 ER -