eprintid: 32954 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/03/29/54 datestamp: 2019-02-07 06:21:16 lastmod: 2019-02-07 06:21:16 status_changed: 2019-02-07 06:21:16 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Umi Nur Khanifah, NIM 13600041 title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF AWARENESS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Efektivitas, Double Loop Problem Solving, Kemampuan Spasial, Self Awareness note: Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd. abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) keefektivan model pembelajaran Double Loop Problem Solving dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan spasial siswa. (2) keefektivan model pembelajaran Double Loop Problem Solving dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap self awareness siswa. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Variabel yang diteliti terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran Double Loop Problem Solving serta variabel terikat yaitu kemampuan spasial dan self awareness siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017, sedangkan sampel penelitiannya adalah Kelas VIII E dan VIII F. Kelas VIII F dijadikan kelas eksperimen dengan treatment berupa pembelajaran dengan model pembelajaran Double Loop Problem Solving. Kelas VIII E dijadikan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah pretest-posttest kemampuan spasial, pretest-posttest self awareness, dan RPP yang dilengkapi dengan Hypotetical Learning Trajectory (HLT). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistika parametrik inferensial yaitu uji-t. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 16.0 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) model pembelajaran Double Loop Problem Solving lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan spasial siswa. (2) model pembelajaran Double Loop Problem Solving lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap self awareness. date: 2018-08-20 date_type: published pages: 342 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Umi Nur Khanifah, NIM 13600041 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF AWARENESS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32954/1/13600041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32954/2/13600041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf