eprintid: 32957 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/03/29/57 datestamp: 2019-02-07 06:37:24 lastmod: 2019-02-07 06:37:24 status_changed: 2019-02-07 06:37:24 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Mar’atus Sholihah, NIM. 14600004 title: UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR, MINAT BELAJAR DAN SELF EFFICACY MATEMATIKA SISWA KELAS IPS MELALUI PENERAPAN TEORI PEMBELAJARAN VYGOTSKY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE RECIPROCAL TEACHING DAN PEER COLLABORATION ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Teori Vygotsky, reciprocal teaching, peer collaboration, hasil belajar, minat belajar, self efficacy note: Mulin Nu’man S.Pd., M.Pd., abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teori pembelajaran Vygotsky dalam pembelajaran matematika dengan metode reciprocal teaching dan peer collaboration. Penerapan tersebut bermaksud untuk meningkatkan hasil belajar, minat belajar dan self efficacy matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian ini terdiri dari: 1) perencanaan meliputi penyusunan instrumen pembelajaran dan penelitian; 2) pelaksanaan tindakan yaitu menerapkan teori pembelajaran Vygotsky dalam pembelajaran matematika dengan metode reciprocal teaching dan peer collaboration; 3) observasi selama pelaksanaan tindakan; serta 4) refleksi, menganalisis data yang diperoleh. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah peneliti, lembar observasi, soal tes evaluasi, lembar angket minat belajar dan lembar skala self efficacy. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan teori pembelajaran Vygotsky dalam pembelajaran matematika dengan metode reciprocal teaching dan peer collaboration dapat meningkatkan hasil belajar, minat belajar dan self efficacy matematika siswa. Adapun prosedur pembelajaran pada penelitian ini terdiri dari: 1) mengkondisikan siswa berkelompok yang tiap kelompok terdiri dari dua, atau tiga orang; 2) melaksanakan langkah pembelajaran yang terdiri dari predicting, clarifying, questioning dan summarizing. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa semua siswa memperoleh hasil belajar tuntas setelah proses pembelajaran pada siklus II. Hasil belajar tuntas yang diperoleh sejalan dengan minat belajar siswa yang tinggi dan self efficacy matematika siswa yang tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti menyatakan bahwa pembelajaran matematika dengan metode reciprocal teaching dan peer collaboration berhasil meningkatkan hasil belajar, minat belajar dan self efficacy matematika siswa kelas IPS. date: 2018-08-14 date_type: published pages: 214 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Mar’atus Sholihah, NIM. 14600004 (2018) UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR, MINAT BELAJAR DAN SELF EFFICACY MATEMATIKA SISWA KELAS IPS MELALUI PENERAPAN TEORI PEMBELAJARAN VYGOTSKY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE RECIPROCAL TEACHING DAN PEER COLLABORATION. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32957/1/14600004_BAB%20I_BAB_V_DAFTAR_PUSTAKA.PDF.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32957/2/14600004_BAB%20II_S.D_BAB_IV.PDF.pdf