%0 Thesis %9 Skripsi %A Tri Untari, NIM. 14600013 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2018 %F digilib:32971 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Efektivitas, Learning Together, Talking Stick, Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar %P 255 %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TOGETHER DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32971/ %X Tujuan pertama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif learning together dengan metode talking stick lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Kedua, untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif learning together dengan metode talking stick lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar siswa Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif learning together dengan metode talking stick serta variabel terikat pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA MAN 2 Sleman tahun ajaran 2017/2018, sedangkan sampel penelitiannya adalah kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan treatment berupa pembelajaran konvensional dan XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan treatment berupa pembelajaran kooperatif learning together dengan metode talking stick. Instrumen dalam penelitian ini adalah pretest-posttest pemahaman konsep, prescale-postscale motivasi belajar, RPP, dan LAS. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistika parametrik inferensial yaitu uji t atau statistika non parametrik yaitu uji Mann Whitney. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS dan Microsoft Excel 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif learning together dengan metode talking stick lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Serta, model pembelajaran kooperatif learning together dengan metode talking stick lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar siswa %Z Suparni, M.Pd