eprintid: 32971 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/03/29/71 datestamp: 2019-02-07 07:13:08 lastmod: 2019-02-07 07:13:08 status_changed: 2019-02-07 07:13:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Tri Untari, NIM. 14600013 title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TOGETHER DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Efektivitas, Learning Together, Talking Stick, Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar note: Suparni, M.Pd abstract: Tujuan pertama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif learning together dengan metode talking stick lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Kedua, untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif learning together dengan metode talking stick lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar siswa Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif learning together dengan metode talking stick serta variabel terikat pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA MAN 2 Sleman tahun ajaran 2017/2018, sedangkan sampel penelitiannya adalah kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan treatment berupa pembelajaran konvensional dan XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan treatment berupa pembelajaran kooperatif learning together dengan metode talking stick. Instrumen dalam penelitian ini adalah pretest-posttest pemahaman konsep, prescale-postscale motivasi belajar, RPP, dan LAS. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistika parametrik inferensial yaitu uji t atau statistika non parametrik yaitu uji Mann Whitney. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS dan Microsoft Excel 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif learning together dengan metode talking stick lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Serta, model pembelajaran kooperatif learning together dengan metode talking stick lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar siswa date: 2018-08-16 date_type: published pages: 255 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Tri Untari, NIM. 14600013 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TOGETHER DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32971/1/14600013_BAB%20I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32971/2/14600013_BAB%20II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf