TY - THES N1 - Drs. Mokhammad Nazili, M.Pd ID - digilib32976 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32976/ A1 - NIKEN SUSILOWATI, NIM. 14240069 Y1 - 2018/08/21/ N2 - Pertambahan penduduk dibawah garis kemiskinan bukanlah karena persoalan kekayaan alam yang tidak sebanding dengan jumlah penduduk, akan tetapi karena persoalan distribusi pendapatan dan akses ekonomi yang tidak adil disebabkan tatanan sosial yang kurang baik serta rendahnya rasa kesetiakawanan diantara sesama anggota masyarakat. Salah satu institusi dalam Islam yang memiliki kontribusi cukup besar terhadap kesejahteraan umat adalah perwakafan. Wakaf mempunyai potensi dan kekuatan besar untuk dapat meningkatkan kesejahteraan umat di Indonesia. Indonesia juga didukung oleh wilayah yang sangat luas dan jumlah penduduk mayoritas muslim terbesar di dunia. Praktek wakaf pada jaman dahulu hanya secara tradisional atau atas dasar saling percaya antara wakif dan nadzir, ini menyebabkan kurangnya pengamanan terhadap objek wakaf. Oleh karena itu perlu diadakan penertiban dan pendataan harta benda wakaf melalui pengadministrasian yang tertib dan benar sehingga benda wakaf tersebut aman bahkan bisa dikembangkan. Oleh karena itu kehadiran Majelis Wakaf dan Kehartabendaan sebagai nadzir badan hukum sangat membantu mengatasi permasalahan tersebut. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan dalam pelayanan administrasi wakaf di Majelis Wakaf dan Kehartabendaan PDM Kota Yogyakarta. Penulisan merupakan jenis penulisan lapangan (field research). Metode pengumpulan data dalam penulisan ini dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan melalui proses koleksi data, reduksi data, peyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penulisan ini menunjukkan bahwa pelayanan administrasi wakaf ditinjau dari fungsi-fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan di Majelis Wakaf dan Kehartabendaan sudah berjalan dengan baik meskipun belum maksimal. Dalam pelayanannya, pengurus memberikan pengarahan secara jelas kepada wakif terkait berkas persyaratan yang harus dipenuhi. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Manajemen Pelayanan Administrasi KW - Wakaf KW - Majelis Wakafdan Kehartabendaan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Yogyakarta. M1 - skripsi TI - MANAJEMEN PELAYANAN ADMINISTRASI WAKAF (STUDI KASUS PADA MAJELIS WAKAF DAN KEHARTABENDAAN PIMPINAN DAERAH MUHAMMADIYAH KOTA YOGYAKARTA) AV - restricted EP - 143 ER -