<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED DENGAN METODE THINK-PAIRSQUARE (TPSq) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran matematika melalui pendekatan open-ended dengan metode Think-Pair- Square (TPSq) yang dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Komunikasi merupakan salah satu dari lima standar proses yang dikemukakan oleh National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). Motivasi adalah dorongan dasar yang menggerakkan seseorang bertingkah laku. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri Yogyakarta 1. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian penelitian ini yaitu\r\nsiswa kelas VII-G MTsN Yogyakarta 1 semester genap tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 31 siswa. Obyek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika melalui pendekatan open-ended dengan metode Think-Pair-Square (TPSq) untuk meningkatkan motivasi belajar dan komunikasi matematis siswa. penelitian ini dilakukan dua siklus dengan siklus I sebanyak satu pertemuan dan siklus II terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik skala, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), kemudian conclusion drawing (penarikan kesimpulan).\r\nHasil penelitian ini yaitu penerapan pembelajaran matematika melalui pendekatan open-ended dengan metode Think-Pair-Square (TPSq) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Tahapan pembelajaran tersebut yaitu kegiatan awal: mengingatkan\r\nsiswa tentang materi; kegiatan inti: diskusi klasikal, think, pair , square, presentasi kelas; kegiatan penutup: menyimpulkan materi. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari persentase rata-rata kelas dalam motivasi belajar siswa siklus I yaitu 73,15% menjadi 76,98% di siklus II dan persentase ratarata\r\nnilai kelas pada tes kemampuan komunikasi matematis siswa siklus I yaitu 53,81% menjadi 58,83% di siklus II."^^ . "2018-08-15" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 14600025"^^ . "Eva Luvitasari"^^ . "NIM. 14600025 Eva Luvitasari"^^ . . . . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED DENGAN METODE THINK-PAIRSQUARE (TPSq) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Text)"^^ . . . . . "14600025_BAB I_ V_DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED DENGAN METODE THINK-PAIRSQUARE (TPSq) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Text)"^^ . . . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED DENGAN METODE THINK-PAIRSQUARE (TPSq) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED DENGAN METODE THINK-PAIRSQUARE (TPSq) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED DENGAN METODE THINK-PAIRSQUARE (TPSq) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED DENGAN METODE THINK-PAIRSQUARE (TPSq) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED DENGAN METODE THINK-PAIRSQUARE (TPSq) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED DENGAN METODE THINK-PAIRSQUARE (TPSq) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED DENGAN METODE THINK-PAIRSQUARE (TPSq) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED DENGAN METODE THINK-PAIRSQUARE (TPSq) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #32979 \n\nPENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED DENGAN METODE THINK-PAIRSQUARE (TPSq) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Matematika" . .